Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Berharap Ikut PON Papua 2020

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

TAMPIL membela provinsi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (PON) merupakan impian para atlet di tanah air, tidak terkecuali Achmad David Saputra. Pedayung kelahiran Semarang berusia 22 tahun itu tetap berharap dapat tampil untuk kedua kalinya di PON XX Papua 2020, setelah keikutsertaannya dalam PON XIX Jawa Barat 2016 silam.

David sapaan akrab alumnus SMA Setiabudhi ini sempat masuk tim Pra PON Jawa Tengah di Palembang 2015. Ia tampil di nomor kayak singel putra dan berhasil meraih medali perunggu. Keberhasilannya ini mampu mengantarkannya masuk tim PON Jabar. Di PON pertamanya, David tampil di nomor beregu kayak dan berhasil mencapai partai final, namun hanya menempati peringkat kelima.

Kegagalan merebut medali tersebut menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus berlatih dan belajar melengkapi kekurangannya. “Saya merasa masih banyak yang harus saya benahi, terutama mengenai kekuatan kayuhan dan penguasaan perahu saat meluncur,” ujar putra kedua dari empat bersaudara pasangan pedayung nasional Masadi dan Nurmayanti ini.

Dengan mengetahui kelemahannya, David tidak pernah absen untuk berlatih di bawah bimbingan Sang ayah dan pelatih kepala dayung Semarang Mat Chamin. Bersama dengan para pedayung yunior Semarang, alumnus SD Anjasmoro 1 dan SMPN 40 Semarang ini rutin berlatih setiap tiga kali dalam seminggu di Kali Banjirkanal Barat.

“Pelatih selalu menekankan kepada saya untuk disiplin dalam berlatih dan selalu bekerja keras, ketika tampil dalam perlombaan. Pesan ini yang saya pegang dan semoga bisa menginspirasi pedayung-pedayung lainnya,” tutur adik kandung pedayung nasional Achmad Joko Wandiro ini.

Bersama dengan kedua adiknya Ahmad Rizal Adiansyah dan Ibra Adka Aditama, David selalu mencoba berbagai perahu yang disiapkan pelatih. Meskipun harus bergantian saat menggunakannya, karena terbatasnya jumlah dayung dan perahu. Berkat kegigihannya dalam berlatih David pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banyumas 2013 yang lalu berhasil merebut medali perunggu di nomor kayak double.

(Joseph Army Sadhyoko / CN26)

Comments

comments