Foto: AFP Photo

Belum Nyaman, Marquez Enggan Ambil Risiko

Foto: AFP Photo

Foto: AFP Photo

SEPANG, suaramerdeka.com – Marc Marquez mengakui tak akan mengambil risiko tampil habis-habisan karena belum nyaman dengan tunggangannya. Menurutnya, laju RC213V masih jauh dari level yang diharapkan.

“Kemarin kami punya sejumlah masalah, terutama soal ritme. Karena satu lap di sini tidak berarti dan cuaca menghentikan rencana kami. Tapi itu dialami semua pebalap,” kata Marquez dikutip Crash.

Dalam tes terakhir pramusim di sirkuit Sepang, Rabu (3/2), Marquez hanya menempati posisi ketiga dengan catatan waktu terbaiknya adalah dua menit 0,883 detik, berselisih 1,303 detik dari rider Movistar Yamaha Jorge Lorenzo di posisi teratas.

“Sedikit lebih mudah untuk menjaga kecepatan tapi bagaimanapun kami kesulitan dan jauh dari situasi yang kami inginkan. Ini adalah tanda tanya besar bahkan untuk kami, karena masalahnya bagi saya adalah elektroniknya. Kami terlalu jauh dari level yang diinginkan.”

Situasi belum berjalan baik di garasi Marquez karena sejauh ini masih terus mencari-cari potensi terbaik dari elektronik (ECU). Hujan yang sempat menghentikan sesi kian merumitkan situasi.

“Itu sudah saya katakan di akhir musim lalu, dengan elektronik baru mungkin kami akan tiba di tes pertama dan sejumlah pabrikan akan membereskannya, atau mungkin beberapa lainnya lebih kesulitan. Jadi kami mungkin memilih jalan yang keliru, tapi sekarang kami mencoba berjalan di jalan yang benar,” tambahnya.

Belum nyamannya RC213V membuat Marquez sejauh ini tak bisa mengerahkan kemampuan maksimal. Dia tak mau ambil risiko terlebih dahulu. “Saya tidak berusaha 100 persen, karena kalau Anda melihat selama dua hari ini saya tidak terjatuh! Saya melihat bahwa level motornya belum siap untuk mengejar catatan waktu,” kata pebalap 22 tahun itu.

Marquez berikutnya akan menjalani tes pramusim kedua di sirkuit Phillip Island, Australia, 17-19 Februari mendatang.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments