Foto: Istimewa

Banjarnegara Juara Umum Kejurda Finswimming Pelajar

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kabupaten Banjarnegara masih menunjukkan dominasinya di olahraga selam. Mereka menjadi juara umum pada kejurda finswimming pelajar ”Piala Wali Kota Pekalongan” di kolam renang Tirtasari, Pekalongan, Minggu (10/4) lalu.

Menurunkan peselam terbaiknya, Kabupaten Banjarnegara mendulang 24 emas, 12 perak dan 16 perunggu. Unggul jauh dari tuan rumah Kota Pekalongan yang berada di posisi kedua dengan 12 emas, 21 perak dan 18 perunggu. Adapun posisi ketiga ditempati Kabupaten Magelang dengan delapan emas, dua perak dan satu perunggu.

Sekum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jateng, Nur Hidayat mengatakan, memang dari sembilan kab/kota yang ambil bagian, Kabupaten Banjarnegara yang paling siap. Mereka juga punya peselam-peselam muda berbakat.

”Secara keseluruhan, kejurda pelajar ini berjalan dengan baik. Ajang ini merupakan wadah bagi para peselam masing-masing kabupaten/kota mengasah kemampuan. Harapannya, melalui kejuraan ini dapat merangsang masing-masing daerah untuk menggiatkan pembinaan,” sambung Nur Hidayat.

Kejurda tersebut diikuti sembilan kabupaten/kota di Jateng. Selain tiga daerah di atas, ada Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kota Surakarta, Kota Semarang. Kemudian Kabupaten Demak dan Kabupaten Rembang. Nur Hidayat berharap, di kejurda selanjutnya, dapat diikuti lebih banyak peserta lagi.

Dia menambahkan, ada empat kelompok umur yang dipertandingkan. Adapun nomor yang diperlombakan berjumlah 56 nomor. Kali ini, pengurus POSSI memang membidik para atlet pelajar untuk ambil bagian. Harapannya, olahraga selam semakin dikenal melalui sekolah.

”Rencananya, kejuaraan ini akan digelar secara berkala di berbagai daerah. Dengan begitu, kami menjadi tahu perkembangan masing-masing daerah. Kami juga memiliki bank data atlet, yang nantinya berguna saat Jateng membentuk tim untuk persiapan menghadapi kejuaraan tingkat nasional,” tandas Nur Hidayat.

(Hendra Setiawan / CN26)

Comments

comments