Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Balap Sepeda Solo Latihan Jarak Jauh

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Penjagaan kekuatan fisik dan daya tahan (strength and endurance) para pembalap sepeda Solo bakal ditempa dalam latihan jarak jauh, Minggu (15/1). Mereka rencananya berlatih bersama atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng dalam rute rolling sepanjang lebih kurang 145 kilometer.

“Saya programkan latihan anak-anak melewati rute Solo-Sukoharjo-Weru-Semin-Karangmojo (Gunung Kidul-red) untuk etape pertama. Lalu dilanjutkan ke Munggi-Pracimantoro-Wonogiri serta pulang ke Solo,” kata pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surakarta, Agus Sadiyanto, Selasa (10/1).

Pria yang juga pelatih PPLP tersebut menjelaskan, latihan jarak jauh tersebut dibutuhkan guna menjaga kemampuan fisik dan stamina para pembalap muda. Kendati bukan untuk menghadapi sebuah event atau kejuaraan dalam waktu dekat, tetapi menurutnya kekuatan atlet-atlet tersebut tetap harus terus dikelola secara baik.

“Porsi itu merupakan salah satu program latihan rutin. Materi lain, sprint atau mengasah kecepatan di ruas rencana jalan tol Soker kawasan Ngemplak-Jeruksawit atau velodrome Manahan, serta rute sedikit menanjak di kawasan Musuk Boyolali,” tutur Agus.

Dia menambahkan, penempaan atlet-atlet muda tetap dilakukan setiap hari. Pembalap muda yang selama ini melahap berbagai porsi latihan itu antara lain Andriyan Hidayat, Saputro Reno Wijayanto dan Shindu Ardiyanto yang bernaung di bawah ISSI Kota Bengawan.

Selain itu awak PPLP seperti Muh Abdul Azis, Harun (Karanganyar), Slamet Widodo (Sukoharjo), Irfan Lutfi (Boyolali) dan Nurul Fauzan (Tegal). “Kemampuan mereka harus tetap dijaga, sehingga selalu siap jika sewaktu-waktu diturunkan dalam sebuah kejuaraan,” tambah Agus.

Penasihat ISSI Surakarta yang juga manajer PPLP Balap Sepeda Jateng Paulus Kristono menambahkan, potensi para pembalap muda tersebut dapat terus dikembangkan melalui latihan rutin. Di samping itu, keikutsertaan menghadapi sejumlah kejuaraan seperti Lomba Customs Cycling (LCC) Series, diharapkan mampu menambah jam terbang mereka sebelum beranjak ke kelas senior.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments