Foto: Crash.net

Bakal Ada Investor Baru yang Suntikkan Dana ke Formula 1

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

KITZBUEHEL, suaraerdeka.com – Supremo F1, Bernie Ecclestone menyebut, bakal ada investor baru yang menyuntikkan dana di balapan jet darat itu, sebelum akhir tahun ini. Dengan begitu, Formula I bakal punya pemilik baru.

“Tahun ini. Seluruh pemegang saham kami ada dalam posisi di mana mereka perlahan sedang kehilangan sedikit atau bahkan seluruh saham mereka,” sambung Ecclestone seperti dikutip Autosport, terkait kepastian kepindahan tangan F1 ke pemilik baru.

Saat ini, banyak orang yang memiliki saham balapan F1. Ecclestone sendiri hanya 5,3 persen saham dan saham terbesar ada di tangan CVC Capital Partners yang punya 35,5 persen saham dan keluarga Ecclestone sendiri punya 8,5 persen. Beberapa pemegang saham lain termasuk Lehman Brothers yang memegang 15 persen saham.

Ecclestone punya kuasa besar kendati sahamnya terhitung kecil. Pasalnya, dia sudah lama berkecimpung di balapan itu sejak 1978 dengan jabatan commercial chief. Kini dengan kondisi keuangan dunia yang sedang goyah dan tuntutan menggelar balapan F1 yang lebih menarik lagi, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit

Melihat hal tersebut, sejumlah takeholder berencana untuk menjual saham mereka secara bersamaan kepada investor baru yang punya kekuatan dana tak terbatas. Rencananya sebelum akhir tahun ini, perpindahan kepemilikan F1 akan terjadi.

Beberapa investor baru yang tertarik adalah gabungan konsorsium AS-Qatar yang dijalankan oleh RSE Ventures, perusahaan milik Stephen Ross yang juga memiliki tim NFL, Miami Dolphins. Selain itu John Malone, jutawan asal AS yang memiliki Liberty Global dan Discovery Communication, juga berniat memberi saham mayoritas F1.

“Mereka sudah mengaturnya demikian. Ada banyak yang yang tertarik untuk membeli, dan saya bisa katakan bahwa untuk saat ini ada tiga peminat. Saya akan terkejut jika salah satu dari mereka tak segera menuntaskan pembelian F1,” tutup Ecclestone.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments