Foto: AP Photo

Aturan Larangan Berganti Desain Helm Bakal Diterapkan di F1

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

PARIS, suaramerdeka.com - Demi memberikan kenyamankan kepada penikmat Formula 1, bakal ada penerapan aturan baru dalam balapan yakni larangan bagi pebalap untuk berganti-ganti desain helm.

Kebijakan itu sendiri dibuat saat pertemuan komisi-komisi F1 di Jenewa pekan ini dan aturan baru itu akan langsung dikirim ke Federasi Autosport Internasional (FIA) untuk disahkan. Aturan baru ini dibuat untuk memudahkan fans mengenali para pebalap idolanya di dalam dan luar trek.

Sebelumnya, di era Aryton Senna, setiap pebalap memang jarang mengganti desain helmnya demi memberikan ciri khas untuk dirinya. Kini, tak jarang setiap pebalap punya desain helm berbeda-beda di setiap seri balapan.

Contohnya, Sebastian Vettel yang mengawali debut di F1 tahun 2008, dan kini memperkuat Scuderia Ferrari itu sudah memakai sekitar 60 desain helm yang berbeda. Memang pergantian desain helm yang sering itu sehubungan dengan momen-momen tertentu Vettel atau seorang pebalap pada umumnya.

Autosport melansir, Vettel tampaknya tak akan bisa melakukan lagi ritualnya tersebut mulai musim depan karena otoritas F1 disebut akan mewajibkan setiap pebalap untuk mempunyai satu desain helm permanen yang akan digunakan sepanjang musim.

Musim lalu F1 juga menerapkan aturan baru terkait nomor mobil bagi setiap pebalap yang akan dipakai seterusnya, demi memudahkan urusan marketing dari olahraga tersebut.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments