Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Atletik Jateng Loloskan 23 Atlet ke PON XIX

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com - Jateng hingga kini berhasil meloloskan 23 atlet atletik ke PON XIX Jabar 2016 mendatang. Terakhir pada Kejurnas Atletik Senior di Rawamangun, Jakarta, akhir pekan lalu, tiga atlet provinsi ini berhasil meraih tiket ajang multicabang empat tahunan tersebut.

Adapun atlet yang lolos adalah Bektiningsih (800 meter), Umar Hamdan (400 meter), dan Risa W (jalan cepat). Sebelumnya, pada kualifikasi tahap pertama maraton di Bali 10 K, beberapa waktu lalu, Noce Matital dan Aris Swandana lebuh dulu memastikan tempat di PON XIX.

Pada Jatim dan Jateng Open, telah meloloskan 18 atlet. Adapun di kejurnas senior, Jateng berhasil meraih enam emas, tiga perak, dan enam perunggu. Ketua Harian Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng Rumini menyatakan, makin optimis atlet Jateng mampu berbicara banyak.

Dari tiga tahapan kualifikasi yakni Jatim Open, Jateng Open, dan kejurnas, atlet Jateng performa atlet Jateng makin meningkat. Diharapkan, pada PON nanti menjadi puncak penampilan mereka.

”Hasil di kejurnas lalu diluar dugaan kami. Semula hanya menargetkan empat emas dan bisa meloloskan atlet. Semangat anak-anak sangat luar biasa dan tampil maksimal. Hasil itu menempatkan Jateng di posisi kedua klasemen akhir kejuaraan,” tutur peraih emas SEA Games 1995 itu, Kamis (10/9).

Emas Jateng diraih oleh Rusmanto (lempar lembing), Dwi Ratnawati (lempar cakram), Krisna Wahyu (tolak peluru), Titi Jainati (lompat jangkit), Oky Setyo Utomo (lompat jauh), dan Bektiningsih (800 meter). Perak disumbang dari Subur Santoso (200 meter), Dyah Ayu (tolak peluru), estafet 4×100 putra, dan 3000 meter halang rintang.

”Kami tetap akan melakukan evaluasi pada hasil kejurnas ini, dan ujungnya adlah program untuk pemusatan latihan nanti. Semoga saja hasil positif ini bisa hingga PON XIX nanti,” tandas Rumini.

Hanya sayangnya, ada kabar atlet Tyas Murtiningsih pindah secara ilegal ke Jabar, dan ada Indikasi KONI Jabar akan menemui KONI Jateng. Dia berharap, KONI Jateng mempertahankan Tyas.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments