Foto:suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Atletik Dapat Kuota Terbanyak di Pelatda Perpanas

Foto:suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto:suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Atletik mendapat kuota terbanyak, sebaliknya catur paling sedikit dalam pelatda National Paralympic Committee (NPC) Jateng. Tercatat 50 atlet yang bakal membela Jateng untuk cabang atletik pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Jabar, 15-24 Oktober mendatang. Sementara cabang catur hanya diperkuat dua atlet. Total atlet yang lolos seleksi pada 30 Mei lalu sebanyak 156 orang.

”Atlet terbanyak memang atletik, karena cabang itu merupakan lumbung emas. Namun kami tetap memberangkatkan atlet untuk cabang yang bukan unggulan dengan pertimbangan tetap memacu pembinaan, seperti catur,” kata Plt Ketua NPC Jateng Bangun Sugito di sekretariat kawasan Manahan, Kamis (16/6).

Atletik menjadi penyumbang medali emas terbanyak di ajang Peparnas Riau 2012. Waktu itu, 56 dari total 91 medali emas Jateng, diraih dari cabang atletik. Menurut Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Slamet Widodo, total nomor atletik yang dilombakan pada Peparnas Jabar sebanyak 218 nomor.

”Khusus atletik, seorang atlet bisa mengikuti maksimal tiga nomor. Maka jumlah yang akan diikuti di cabang itu nanti kira-kira lebih dari 100 nomor,” tutur Slamet.

Sugito menjelaskan, Jateng bakal mengikuti 10 dari 13 cabang yang akan digelar pada pesta olahraga nasional atlet difabel empat tahunan tersebut. Seluruh atlet lolos seleksi beberapa waktu lalu, rencananya dipanggil untuk memulai pemusatan latihan daerah (pelatda) di Solo, usai lebaran mendatang. ”Kami rencanakan pelatda mulai 11 Juli, sehingga ada waktu persiapan secara intensif selama tiga bulan bagi awak tim sebelum menghadapi Peparnas,” ujarnya.

Selain atletik dan catur, cabang-cabang lain yang disiapkan untuk pelatda adalah renang dengan 18 atlet, bowling (10 atlet), bola voli (15 atlet), bulu tangkis (15 atlet). Selanjutnya tenis meja (16 atlet), panahan (14 atlet), sepak bola (10 atlet) dan angkat berat (enam atlet).

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments