Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Atlet Porprov Solo Diminta Mulai Tempa Fisik

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tak seluruh atlet Solo yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018, saat ini dalam kondisi fisik yang baik. Berdasarkan hasil tes fisik awal yang dilakukan KONI Surakarta medio Oktober lalu, kebugaran fisik sebagian atlet dari berbagai cabang kurang memuaskan.

“50 persen atlet yang mengikuti tes memang kebugaran fisiknya bagus, tetapi lainnya kurang bagus dan tidak bagus. Maka sejak awal 2017 ini, mestinya kondisi mereka mulai ditempa sehingga kebugarannya meningkat,” kata Ketua Bidang Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surakarta, Bambang Wijanarko, Selasa (3/1).

Pria yang juga dosen Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UNS tersebut mengungkapkan, para atlet yang kondisi fisiknya cukup bagus antara lain atletik, balap sepeda, panjat tebing dan cabang-cabang bela diri. Sementara atlet dari beberapa cabang permainan, antara lain bola voli, kemampuan fisiknya belum maksimal.

“Perlu tambahan materi untuk menempa para atlet itu, karena salah satu faktor yang dibutuhkan untuk memburu prestasi adalah kesiapan fisik,” tuturnya.

Bambang mengakui, faktor fisik bukan segalanya. Guna meraih prestasi bagus, masih ada faktor lain seperti teknik, strategi dan mental bertanding.

“Kami yakin, pelatih punya skedul dan materi latihan sendiri, sesuai kebutuhan. Tapi KONI harus tetap memantau perkembangan para atlet. Jadi hasil tes fisik awal itu kami diberikan kepada pelatih masing-masing cabang,” ujarnya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments