Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Atlet Debutan NPC Jateng Raih Prestasi Cemerlang di Peparnas

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Atlet debutan National Paralympic Committee (NPC) Jateng menunjukkan prestasi cemerlang di arena atletik Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Jabar yang berakhir Senin (24/10). Sapto Yoga Purnomo yang turun di nomor lari dan lompat, merebut lima medali emas, sedangkan Kharisma Evi Tiarani mengemas tiga emas.

“Performa Sapto Yoga dan Evi sangat bagus. Potensi keduanya sangat menjanjikan ke depan, kalau kemampuannya terus diasah,” kata pelatih kepala atletik NPC Jateng Purwo Adi Sanyoto.

Sapto menjadi jawara di lintasan lari 100 meter, 200 meter dan lompat jauh kelas T38. Dia juga merebut emas estafet 4×100 meter dan estafer 4×400 meter kelas T35-T38. Sementara itu, Evi menggenggam tiga gelar juara dari nomor-nomor perorangan, yakni 100 meter, 200 meter dan lompat jauh kelas T44 putri.

“Keduanya memang pernah menjadi juara pada kejuaraan yunior dan pelajar. Tetapi di level senior, apalagi multievent, dua atlet itu baru kali pertama turut bersaing,” tambah Purwo.

Sumbangan kedua debutan itu turut membuat kontingen Jateng meraih total 68 medali emas, 74 perak dan 57 perunggu dari arena Peparnas 2016. Plt Ketua Umum NPC Jateng Bangun Sugito mengakui, raihan timnya kurang sekeping emas dari target keseluruhan 69 medali emas.

“Namun hasil yang kami raih itu sudah maksimal. Tim kami meleset satu emas dari target 69 emas. Tuan rumah Jabar sangat mendominasi, karena mereka benar-benar siap segalanya sejak awal,” ujar Sugito.

Menurutnya, cabang olahraga beregu sepak bola dan voli duduk, menjadi salah satu cabang yang gagal dalam memenuhi target itu. Tim Jateng hanya meraih perunggu di lapangan sepak bola, serta perak putra dan putri di arena voli duduk. Kendati demikian, ada hal-hal tertentu yang membuatnya kontingennya bangga, termasuk munculnya atlet debutan yang berkiprah cemerlang.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments