Foto: wikimedia

Asian Games Digelar 18-8-18

Foto: wikimedia

Foto: wikimedia

JAKARTA, suaramerdeka.com - Waktu pelaksanaan Asian Games 2018 sudah disepakati bersama oleh pemerintah, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Mereka sepakat menggunakan tanggal cantik, yakni 18-8-18 atau 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Menurut Ketua KOI Rita Subowo, pemilihan tanggal tersebut untuk mempermudah pengingatan karena angka cantik.

Selain itu, diharapkan bisa membawa hoki bagi Indonesia untuk meraih prestasi setinggi mungkin. “Tanggal pelaksaan sudah diputuskan, 18-8-18 sampai 2-9-18,” ujar Rita.

Namun, mereka belum bisa memutuskan cabang-cabang yang akan diperlombakan pada ajang empat tahunan itu. Pada pertemuan antara pemerintah, KOI dan delegasi OCA di Jakarta, Selasa (27/1), hanya diputuskan Indonesia perlu merenovasi sejumlah arena pertandingan, sekaligus membuat venue baru seperti kolam renang, velodrom dan venue berkuda.

“Jumlah cabang yang dipertandingkan tetap 34, namun semua belum fix. Kami masih mengusulkan empat tambahan cabang lagi dan sampai kini belum diputuskan oleh OCA,” ujar Rita.

Empat cabang yang diusulkan tentu memiliki peluang besar menorehkan medali bagi Kontingen Indonesia. Keempatnya adalah panjat tebing, boling, paragliding dan sepatu roda. “Menurut perkiraan kami, empat ini bisa menambah medali. Sebelumnya kami sudah memasukkan silat dan telah disetujui. Adapun cabang bridge kemungkinannya sangat kecil,” jelasnya.

Terkait pembagian cabang, pihaknya belum bisa memastikan karena masih tahap pembahasan. Setelah pembahasan selesai baru akan dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Sementara itu, Deputi Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot Dewa Broto menuturkan, sebenarnya masih perlu sekali pertemuan lintas Kementerian untuk membahas Keppres.

Namun, Menpora Imam Nahrawi memutuskan tak perlu ada pertemuan lagi, sehingga draf Keppres langsung diajukan kepada Presiden melalui Sekretariat Negara (Setneg). “Pagi tadi dikirim ke Presiden melalui Setneg. Kami berharap paling lambat akhir bulan ini Keppres bisa ditanda tangani,” ungkap Gatot.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments