Foto: Kemenpora.go.id

Angkat Besi Optimistis Bawa Pulang Medali di Olimpiade

Foto: Kemenpora.go.id

Foto: Kemenpora.go.id

JAKARTA, suaramerdeka.com – Cabang angkat besi optimistis bisa membawa pulang medali pada Olimpiade Rio De Janeiro 2016. Saat ini, kondisi para atlet sudah hampir mencapai peak performance sebulan sebelum keberangkatan menuju Brasil. Pelatih Pelatnas Angkat Besi Indonesia untuk Olimpiade Dirja Wiharja menyampaikan, atlet angkat besi yang lolos ke Olimpiade ada tujuh orang.

Lima di antaranya dari kategori putra seperti Eko Yuli Irawan (62 kg), Muhamad Hasbi (62 kg), Triyatno (77 kg), Deni (69 kg) dan I Ketut Ariana (69 kg). Sedangkan dua putri adalah Sri Wahyuni (48 kg) dan Dewi Safitri (53 kg). Menurut Dirja, besar kemungkinan untuk tiga lifter putra, Triyatno, Deni dan Ketut akan naik kelas.

“Kami akan terus pantau mereka karena dimungkinkan akan berganti kelas menjelang Agustus nanti. Mana di antara mereka yang terbaik untuk kelas 69 dan 77, tergantung hasil verifikasi pada tanggal 4 Agustus 2016 di Rio nanti, ” kata Dirja di Jakarta, Kamis (23/6).

Dia menjelaskan, atlet saat ini berpeluang untuk mendapat medali emas, karena kondisi mereka sudah mendekati 100%. Sedangkan untuk lifter putri, Dirja menyampaikan bahwa terutama untuk peluang Dewi dan Sri Wahyuni masih fifty-fifty.

“Dari progres latihan Sri Wahyuni lebih berpeluang dan sudah mendekati, di mana dia untuk standar kelas 48 kg, dengan total angkatan 200 dapat medali. Sri Wahyuni dalam beberapa latihan terkahir sudah mencapai nilai angkatan tersebut,” kata Dirja.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi berpesan kepada para atlet agar selalu fokus dan disipilin dalam latihan, menyerap sebesar-besarnya arahan dan pentujuk dari pelatih.

“Saya sangat berharap para atlet fokus dalam berlatih, jangan pikiran dibebani oleh hal-hal yang yang dapat memberatkan dan mengganggu latihan. Kalau punya uneg-uneg atau hambatan segera disampaikan, agar hal ini bisa kita evaluasi secepatnya, ” ujar Imam.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments