Foto: Ibtimes.co.uk

Angin Kencang Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Alonso

Foto: Ibtimes.co.uk

Foto: Ibtimes.co.uk

CATALUNYA, suaramerdeka.com – Angin kencang diklaim McLaren sebagai penyebab utama kecelakaan yang menimpa Fernando Alonso. Hal itu terungkap menyusul analisa detail yang dilakukan pada mobil Alonso usai insiden itu.

“Selama 24 jam, kami membawa detail analisa terhadap kerusakan mobil Fernando, dan kaitannya dengan data telemetri, demi bisa memahami sepenuhnya penyebab, atau beberapa penyebab, kecelakaan yang dialami. Bahkan pada tahap awal ini, kami sudah mampu membuat kesimpulan yang jelas,” demikian pernyataan resmi McLaren seperti dikutip dari Crash.

Perlu diketahui, pada hari keempat latihan pramusim yang digelar di Sirkuit Catalunya, Minggu (22/2), Alonso mengalami kecelakaan usai mobilnya menghantam dinding pembatas lintasan yang terletak antara tikungan ketiga dan keempat. Akibatnya, pebalap Spanyol itu harus diterbangkan ke rumah sakit dan menginap semalam.

McLaren pun lantas menyelidiki insiden itu dan menyimpulkan kecelakaan yang dialami bukan karena masalah teknis mesin atau kerusakan pada peralatan listrik.

Disebutkan kalau Alonso melebar ke astroturf saat melewati tikungan lantaran mobilnya tidak stabil akibat tipuan angin sangat kencang, yang membuat mobil berputar dan kemudian menabrak tembok.

“Mobilnya melebar di tikungan ketiga – yang mana merupakan tikungan menanjak cepat ke arah kanan – yang membuatnya melebar ke Astroturf di sisi luar lintasan. Konsekuensi kehilangan traksi membuat ketidakseimbangan, menyebabkan bagian belakang masuk ke sisi dalam sirkuit, sementara saat traksinya kembali didapat itu menyabkan menabrak tembok,” kata mereka

Selain Hamilton, Carlos Sainz juga mengalami kejadian serupa di tempat yang sama. Dua kecelakaan tersebut membuat banyak pebalap lebih berhati-hati melintasin bagian lintasan tersebut.

“Indikasi yang kami temukan adalah kecelakaan ini disebabkan angin sangat kencang yang berembus di bagian sirkuit tersebut pada saat itu, dan itu juga berpengaruh sama pada pebalap lain (misalnya Carlos Sainz Jnr),” lanjut pernyataan itu.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments