Foto: suaramerdeka.com / dok

Andika Monoarfa Jadi Ketua Umum PB Perbasasi

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

NUSA DUA, suaramerdeka.com – Pengurus Besar Persatuan Baseball & Softball Indonesia (PB Perbasasi) memiliki ketua umum baru. Dia adalah Andika Monoarfa. Pria yang juga menjabat pimpro timnas baseball dan softball Asian Games 2018 ini sukses menyingkirkan Ratna Yulita pada pemilihan ketua umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Perbasasi di Nusa Dua, Bali, Jumat (5/5) malam.

Dari 24 suara yang diperebutkan, Andika memperoleh 13 suara, sedangkan Ratna yang juga istri Wakil Ketua KOI Muddai Madang tersebut mendapat 11 suara. Andika berjanji bakal merangkul kubu Ratna untuk bersama-sama membesarkan Perbasasi.

Dia tak ingin ada dendam karena pengurus provinsi yang berseberangan dengannya akan diberi tawaran masuk kepengurusan. “Sesudah Munas, saya akan hilangkan like dan dislike. Saya akan membuktikan ke kawan-kawan, provinsi yang tidak mendukung saya akan diajak membangun olahraga ini,” kata Andika usai terpilih melalui Munas.

Mengenai program jangka pendek yang akan dicapai adalah menjadikan timnas yang kuat agar SEA Games 2019 bisa meraih medali emas. Untuk tahun ini, baseball dan softball tak dipertandingkan di SEA Games Malaysia. “Kalau berbicara target jangka pendek itu hitungannya bukan sebulan dua bulan, tapi satu tahun dua tahun. Kami berharap pada SEA Games 2019 dapat emas,” terangnya.

Untuk memperkuat pondasi timnas, pihaknya akan menggulirkan liga baseball dan softball mulai amatir hingga profesional. Untuk amatir, pihaknya akan menyuruh masing-masing pengprov menyelenggarakan kompetisi dengan diikuti klub-klub atau perkumpulan di daerah-daerah.

“Kalau keluar dari daerah, pasti mereka butuh biaya tinggi. Karena itu, seluruh provinsi harus membuat kejuaraan daerah, nanti data-data pemainnya di bawa ke nasional. Sedangkan untuk profesional dan semiprofesional, sekarang sudah jalan, tinggal bagaimana nanti diselaraskan dengan program PB Perbasasi,” ungkap Andika.

Sementara itu, Ratna Yulita meminta maaf kepada para pendukungnya lantaran belum mampu merebut posisi ketua umum. Jika ada kesempatan lagi, dia siap untuk maju kembali. Ratna juga meminta kepada Andika agar merealisasikan janji-janji yang ditawarkan saat pemaparan visi misi. “Saya harap apa yang dipaparkan Andika terlaksana, tidak hanya paparan saja,” ungkap Ratna.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments