Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Alfian Disiapkan Bersaing di Panjat Tebing Jawa-Bali

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Pemanjat Solo Alfian M Fajri disiapkan bersaing pada kejuaraan panjat tebing se-Jawa-Bali yang akan diselenggarakan di kampus IAIN Surakarta, 26-28 Februari mendatang. Atlet Kota Bengawan itu akan turun di nomor speed, bersama enam pemanjat lain yang kini sedang menjalani pelatda PON Jateng di Semarang.

”Alfian dan rekan-rekannya itu akan bersaing di nomor speed pada ajang bertajuk Specta Climbing Competition II tersebut. Sebab hanya speed yang digelar bagi peserta umum, sementara lead dan boulder khusus untuk pelajar dan mahasiswa,” kata pelatih pelatda panjat tebing Jateng, Triyanto Budi Santoso, Selasa (9/2).

Guru olahraga SMPN 1 Tangen, Sragen itu menambahkan, tujuh atlet besutannya ditargetkan menembus tiga besar pada ajang se-Jawa-Bali tersebut. Menurut dia, para pemanjat Jateng kini dalam progres yang cukup bangus, baik kondisi fisik maupun kemampuan tekniknya.

”Alfian bisa menembus catatan waktu 5,90 detik untuk menyelesaikan papan panjat speed world record setinggi 15 meter. Sedangkan di nomor speed classic, dia mencapai 5,70-5,80 detik,” tutur Budi.

Ada empat atlet putra dan tiga putri yang akan diterjunkan untuk try out pada kejuaraan di IAIN itu. Selain Alfian, pemanjat putra lainnya adalah Asrul Sani dan Cipto Saputro (Batang), serta Gusti Abimanyu (Banyumas). Sementara tiga atlet putri yakni Agustina Sari (Blora), Aries Susanti Rahayu (Grobogan) dan Santi Welyanti (Banyumas).

Secara keseluruhan terdapat empat atlet Solo yang kini menghuni tim inti pelatda panjat tebing Jateng. Dua atlet, yakni M Marsudin dan Sutrisno, saat ini bersiap menghadapi kejuaraan terbuka internasional khusus boulder di Kuta, Bali yang dijadwalkan berlangsung Sabtu-Minggu (23-24/2). Atlet putri, Indah Wati sebenarnya juga diplot untuk terjun pada ajang di Bali, tetapi izin karena anaknya sakit.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments