Aldy Satya Mahendra tampil sebagai double winner hasil dari juara di dua kelas YCR 5 dan YCR 6.  (suaramerdeka.com/Heru Fajar)

Aldi Satya Raih Double Winner di Final Yamaha Cup Race

Aldy Satya Mahendra tampil sebagai double winner hasil dari juara di dua kelas YCR 5 dan YCR 6.  (suaramerdeka.com/Heru Fajar)

Aldy Satya Mahendra tampil sebagai double winner hasil dari juara di dua kelas YCR 5 dan YCR 6. (suaramerdeka.com/Heru Fajar)

SENTUL, suaramerdeka.com – Ajang balap yang di gelar oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara nasional memasuki putaran final pada bulan November ini. Dua balap pabrikan Yamaha yakni Yamaha Cup race dan Yamaha Sunday Race di tayangkan mulai 12 hingga 15 November di sirkuit internasional Sentul, Bogor. Karena ada dua balapan yang berbeda maka sejak hari Kamis sudah di mulai latihan dan kualifikasi sedangkan final YCR pada hari Jumat. Untuk Sunday Race yang merupakan balap motorsport Yamaha di lakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

Final Yamaha Cup Race 2015 adalah puncak dari rangkaian balap YCR yang sudah di gelar 6 seri sebelumnya di berbagai wilayah di Indonesia. Dari gelaran YCR tiap daerah tersebut diambil 5 pembalap terbaik dari setiap Region untuk mengikuti final di sirkuit Internasional Sentul. Praktis pembalap terbaik pilihan dari seluruh tanah air ini berlomba untuk menampilkan yang terbaik.

“Ini adalah baru pertama kalinya gelaran final Yamaha Cup Race dihelat di sirkut Internasional Sentul (Sentul besar). Yamaha secara konsisten mencari bibit-bibit pebalap muda dan mengedukasi mereka dengan memboyong rider-rider muda untuk menjajal dan bermain di sirkuit permanen. Ini juga sekaligus sebagai ajang pembuktian bahwa Yamaha Jupiter Z1 juga mampu dan tangguh berkompetisi di sirkuit permanen sebesar sirkuit Sentul,” kata Supriyanto, Manajer MotorSport PT. YIMM.

Seri ini juga sangat istimewa, bukan hanya karena seri final tetapi pada seri ini Yamaha akan mengadu skill jawara YCR dari 6 seri yang sudah dilombakan di 3 pulau. Para finalis tidak hanya diambil dari jawara YCR tetapi diambil juga dari jawara Motoprix dari regional Bali dan Kalimantan. Apalagi kebanyakan pembalap yang berasal dari daerah belum sekalipun merasakan bagaimana balapan di Sentul. Disini Yamaha menyediakan edukasi untuk para pembalap untuk mengenal karakter Sentul dengan coaching clinic yang di berikan para instruktur Yamaha.

Paling menarik tentu antusias dari para pembalap muda yang berlaga di kelas YCR 6. Kelas ini menandingkan pembalap berusia antara 9 hingga 16 tahun yang di peroleh dari rangkaian YCR di berbagai daerah. Sebelum babak kualifikasi pembalap belia ini mendapatkan coaching clinic yang dari pembalap Yamaha Rusman Fadhil. Setelah mendapatkan teori dan praktek rata-rata catatan waktunya mampu menembus 2 menit 00 detik. Ini hasil yang cukup bagus karena selain baru pertama catatan waktu tersebut juga merupakan tercepat untuk ukuran kelas anak-anak. Yamaha Indonesia sangat memfokuskan untuk mendidik pembalap muda sebagai bagian dari program jangka panjang pembibitan untuk menghadapi balap di ajang internasional 2018 nanti.

Beberapa pembalap di kelas belia ini terbagi dalam dua kelas yakni YCR 5 (Pemula) dan YCR 6, khusus di kelas YCR 6 pembalapnya menggunakan Jupiter Z1 yang sudah di sediakan oleh Yamaha. Tampil sebagai juara di kelas YCR 5 dan 6 adalah Aldi Satya Mahendra yang berasal dari Yogyakarta. Pembalap didikan sekolah balap Irwan Ardiansyah ini mampu menjuarai dua kelas sekaligus. Aldi yang masih berumur 9 tahun dan masih duduk di kelas 3 SD ini tampil dominan dan mampu mengalahkan lawan-lawannya yang notabene berumur di atasnya.
“Saya sangat senang bisa balap di sirkuit pemanen seperti di Sentul ini, apalagi ini adalah pengalaman pertama saya membalap di sirkuit Sentul. Menurut saya karakter Jupiter Z1 sangat cocok di sirkuit permanen seperti ini. Jupiter Z1 sangat enak buat balapan di sirkuit permanen karena tenaganya yang besar namun stabil di setiap tikungan. Saya mengawali karir balap sejak kelas TK dan di latih oleh pembalap top Yogyakarta dan kakak saya. Karena sering berlatih dengan menggunakan Z1 dan Jupiter MX maka sudah nggak kagok lagi di final YCR ini,” tutur Aldi Satya Mahendra, adik kandung dari pebalap Galang Hendra punggawa Yamaha Factory Racing Indonesia yang bercita-cita menjadi pembalap di MotoGP.

Kelas-kelas yang diperlombakan di final YCR ini ada 6 kelas antara lain YCR 1, Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi, YCR 2, Moped 110 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi, YCR 3, Moped 125 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi, YCR 4, Moped 110 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi, YCR 5, Moped 125 cc Pemula B (usia di bawah 16 tahun), YCR 6, OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan.

(Heru Fajar/CN39/SM Network)

Comments

comments