Foto: crash.net

Aksi Rossi yang Berkaitan dengan Marquez Dipertanyakan Honda

Foto: crash.net

Foto: crash.net

VALENCIA, suaramerdeka.com – Aksi-aksi Valentino Rossi yang berkaitan dengan Marc Marquez dipertanyakan Honda. Di satu sisi, mereka juga meyakini jika Rossi layak meraih titel juara dunia tahun ini.

“Valentino adalah juara terbaik sepanjang masa di olahraga ini. Kami percaya dia sudah melakukan pekerjaan yang bagus di sepanjang tahun ini dan apabila dia memenangi kejuaraan maka dia benar-benar pantas mendapatkannya karena dia sejauh ini konsisten,” kata wakil presiden Honda Shuhei Nakamoto dalam pernyataannya yang dikutip Autosport.

Sebelum insiden di Sepang, relasi antara Rossi dan Marquez memang sudah tegang. Hal itu dipicu pada balapan di Phillip Island, Australia seiring balapan sengit antara Marquez dengan Rossi dan Andrea Iannone (Ducati).

Marquez yang pada lap terakhir mampu menyalip Jorge Lorenzo di posisi terdepan, pebalap Spanyol itu dianggap ‘bermain-main’ dengan Iannone dan Rossi. Sampai pada akhirnya, Rossi memulai psywar jelang balapan Malaysia dengan menuduh Marquez hendak menguntungkan Lorenzo, yang kemudian dibantah.

Marquez lantas dituduh Rossi jika dia memiliki dendam pribadi terkait balapan di Argentina dan Assen, Belanda. Hubungan Rossi dan Marquez resmi rusak setelah insiden di Malaysia yang mengakibatkan sang rider Repsol Honda jatuh dan gagal finis.

Kedua pebalap menyampaikan versinya masing-masing yang bertolak belakang tapi Race Direction memutuskan bahwa Rossi bersalah karena manuvernya melanggar aturan. Rossi kini menunggu putusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) terkait hukumannya itu.

“Fakta bahwa dia sudah berusia 36 tahun meningkatkan rasa hormat untuk seorang juara yang hebat seperti dia. Meski begitu, kami tidak memahami tuduhan-tuduhan dia terkait balapan Phillip Island dan manuver dia di Sepang. Kami berharap bahwa Valentino memikirkan hal ini dan menyadari kesalahannya,” imbuh Nakamoto.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments