AKSI PEMBALAP: Para pembalap beraksi pada IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship 2016 Seri I, di Sirkuit Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (8/5). (suaramerdeka.com/Wahyu Wijayanto)

Agassi Selangkah Lebih Maju ke MXGP

AKSI PEMBALAP: Para pembalap beraksi pada IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship 2016 Seri I, di Sirkuit Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (8/5). (suaramerdeka.com/Wahyu Wijayanto)

AKSI PEMBALAP: Para pembalap beraksi pada IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship 2016 Seri I, di Sirkuit Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (8/5). (suaramerdeka.com/Wahyu Wijayanto)

UNGARAN, suaramerdeka.com – Pembalap muda Agi Agassi selangkah lebih maju menggenggam wild card untuk kejuaraan prestisius FIM Motocross World Championship (MXGP) Seri Indonesia 2017. Dalam dua race kelas MX2 pada seri pertama IRC Powertrack Indonesia Dirt Bike Championship 2016, di Sirkuit Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (8/5), Agassi memimpin perolehan poin.

Setelah hanya menempati posisi ketiga pada race pertama, di belakang Asep Lukman, dan Andre Sondakh, pembalap kelahiran 6 September 1994 itu, menjuarai race kedua. Ia mengalahkan trio pembalap top Australia, Nick Sutherland, Joel Evans, dan Aaron Tanti, yang berturut-turut di belakangnya. Dengan hasil ini, ia memimpin klasemen sementara kelas MX2 Open dengan total 45 poin. Asep Lukman menyusul di posisi kedua (41), diikuti Aaron Tanti (36), Andre Sondakh (35), dan Nick Sutherland (30) di peringkat lima.

Kejuaraan IRC Powertrack merupakan kompetisi yang harus dilalui para pembalap ”garuk tanah” Indonesia untuk mendapatkan enam tiket wild card MXGP 2017 Seri Indonesia. Mereka yang mendapat fasilitas istimewa itu, didasarkan nilai total dalam lima seri Powertrack.

Kejuaraan kemarin berlangsung sangat sengit. Para pembalap Indonesia terbukti lebih berani dan nekat dibandingkan para pembalap asing di lintasan licin. Beberapa saat setelah start nomor MX2 Novice, hujan sangat deras membuat lintasan menjadi sangat sulit.

Meski begitu, hujan selama lebih dari dua jam itu, di lain sisi membuat balapan menjadi kian menarik. Apalagi sekitar 8.000 penonton sebagian besar juga tak beranjak dari tempatnya meski harus rela basah kuyup.

“Ini luar biasa. Kita semua bisa melihat sendiri meski hujan sangat deras, namun tidak mengurangi antusiasme peserta dan penonton. Ini karena persiapan seluruh lini di seri Ambarawa ini sangat bagus, bahkan di atas rata-rata,” ungkap A Judiarto, pimpinan Lightning Production, promotor IRC Powertrack.

Agassi mensyukuri hasil balapan. Menurutnya dengan kondisi lintasan yang licin, menyulitkan semua pembalap. Ia juga puas karena kejuaraan yang merupakan audisi MXGP 2017 dikelola lebih baik ketimbang kejuaraan-kejuaraan lainnya.

Adapun Nick Sutherland mengatakan, salah memilih ban pada race pertama sehingga tercecer di posisi ke-13. Karenanya ia bermain aman agar tidak jatuh, sekaligus bersiap mati-matian di race kedua. Pembalap asal Queensland mengakui persaingan dengan para pembalap Indonesia tak mudah.

“Rata-rata pembalap Indonesia bagus dibanding masa-masa terdahulu. Meski tak ada yang menonjol satu dibandingkan lainnya, namun rata-rata bagus, sehingga persaingan tak mudah,” ungkap pria 25 tahun itu.

Pada kelas bergengsi lainnya, campuran sport and trail senior, Rizky HK memimpin klasemen. Pada race pertama, menunggang motor bernomor 105, Rizky hanya berada di posisi empat. Tiga pembalap di atasnya yang meraih podium berturut-turut adalah Akbar Taufan, Lanthian Juan, dan Edy Ariyanto.

Namun Rizky menggila dan juara di race kedua. Ia meninggalkan Rifaldi Julie dan Fajar Bejo Ardiansyah, di posisi kedua dan ketiga. Kombinasi hasil dua race itu, membuat Rizky mengumpulkan 43 poin dan bertengger di posisi pertama. Edy Ariyanto (35) berada di peringkat dua, adapun Akbar Taufan (35) dengan motor keberuntungan bernomor 86 menempati peringkat tiga.

Setelah Ambarwa, seri berikutnya akan digelar di Wonosobo, Kediri, Batu, dan ditutup di Paramount Serpong, Tangerang, atau Pangkal Pinang, Babel.

(Wahyu Wijayanto/CN39/SM Network)

Comments

comments