Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

900 Karateka Bakal Bertarung di Kejuaraan Dunia

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

JAKARTA, suaramerdeka.com - 900 karateka dari 70 negara bakal bertarung pada Kejuaraan Dunia Shotokan Karate-do International Federation (SKIF) 2016 di Jakarta, 27-29 Agustus mendatang.

Selain Indonesia, negara yang sudah dipastikan ambil bagian, antara lain Jepang, Denmark, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Italia, Jerman, Argentina dan Brasil.

“Kami masih menunggu pendaftaran hingga 20 Agustus. Biasanya jelang penutupan banyak yang ingin mendaftar. Saat pembukaan nanti, kami berharap Bapak Wakil Presiden bersedia membuka acara seperti saat Indonesia tuan rumah pada tahun 2000 di Bali,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Dunia Karate SKIF 2016, Aldrin Tando di Jakarta, Senin (1/8).

Dia mengatakan, untuk tuan rumah bakal menurunkan kekuatan penuh. Karateka akan diikutkan semua kelas, mulai usia di bawah 12 tahun (U-12) hingga dewasa.

“Kami sudah berkoordinasi dengan ketua umum PB Forki, mereka siap mendukung dengan menurunkan tim pelatnas. Target prestasi, tentu kami berharap bisa masuk tiga besar bersama Jepang dan Denmark,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menarget Kejuaraan Dunia ini bisa melahirkan atlet-atlet potensial, khususnya buat karateka Indonesia non-pelatnas. Sehingga mereka bisa dilirik untuk memperkuat tim pelatnas guna menyongsong Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

“Kami juga ingin karate ini bisa dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Karena itu, kami terus menyosialisasikan kejuaraan ini melalui sejumlah media internasional bersama Kementerian Pariwisata,” ungkapnya.

Dia mengakui gaung ajang ini cukup mendunia setelah adanya iklan lewat media internasional seperti Fox Sport dan CNN. Buktinya, banyak negara yang di luar catatan panitia ingin ambil bagian.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments