Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

764 Pesilat Berlaga di Semarang Open Championship

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Sebanyak 764 pesilat pelajar dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta berlaga di Semarang Open Pencak Silat Championship yang digelar di GOR Al Wali, Semarang 19 -21 Mei 2017. Dari total tersebut, terdiri dari 225 pesilat SD, 290 pesilat SMP/MTs, dan 249 pesilat SMA/SMK/MA.Kejuaraan ini mempertandingkan nomor pertarungan bebas dan seni tunggal.

Panitia Kejuaraan Pencak Silat tersebut, Siswoyo mengatakan jumlah pesilat yang berlaga dalam sebuah kejuaraan ini merupakan yang terbanyak yang pernah digelar di Semarang. Pada kejuaraan kali ini adalah para pesilat boleh mengenakan pakaian seragam perguruan ataupun padepokan masing-masing.

“Sebelumnya, kami membuka pendaftaran secara online. Kami memanfaatkan teknologi agar memudahkan para peserta untuk mendaftarkan diri. Technical Meeting dan Drawing sudah kami gelar. Kami ingin para pelajar Indonesia makin mencintai pencak silat sebagai budaya negeri sendiri yang harus kita kembangkan dan kita lestarikan,” kata Siswoyo HS.

Diharapkan dengan adanya ajang pertandingan, maka para pelajar yang telah menekuni pencak silat bisa menyalurkan hasil latihannya di arena untuk menghasilkan prestasi. Siswoyo menambahkan dengan prestasi itu maka pelajar tersebut akan mendapatkan kebanggaan yang positif, baik untuk diri sendiri, sekolah, maupun keluarganya.

Sementara itu beberapa pelatih dari padepokan yang datang mendatangkan pesilat terbaiknya.”Saya menurunkan lima pesilat ke kejuaraan ini. Tujuannya hanya satu, memperbanyak jam terbang agar mereka makin kaya pengalaman tanding,” kata Yuda, pelatih asal Pekalongan.

Sementara Heru Tetuko, pelatih dari Solo Raya menjelaskan, ia mengajak 40 muridnya ke Semarang. ”Kami di bulan lalu mengikuti kejuaraan di Yogyakarta Open. Berbekal pengalaman di sana, kami terus berlatih. Kami berharap mampu menorehkan prestasi lebih baik lagi,” ujarnya.

(M Alfi Makhsun / CN26)

Comments

comments