Foto: kushinryu.wordpress.com

500 Karateka Tampil di Piala Kapolri

Foto: kushinryu.wordpress.com

Foto: kushinryu.wordpress.com

JAKARTA, suaramerdeka. com – Sebanyak 500 karateka ambil bagian pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Kapolri Cup III di Jakarta, Rabu-Kamis (8-9/10). Atlet yang tampil berasal dari perguruan Wadokai yang tersebar di 27 provinsi Tanah Air.

Menurut Sekjen Pengurus Besar (PB) Wadokai Sudirman, pihaknya ingin memberi kesempatan kepada atlet Wadokai di daerah untuk mengasah kemampuan di tingkat nasional. Sehingga para juara Piala Kapolri tersebut akan dijadikan andalan mengikuti berbagai kejuaraan yang digelar PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki).

“Kejurnas ini menjadi cermin kebangkitan Wadokai Indonesia. Kami ini bagian dari Forki, jadi kami mempersiapkan atlet untuk agenda Forki seperti Piala Mendiknas, Mendagri dan lainnya,” kata Sudirman di Jakarta, Selasa (7/10).

Pria yang juga menjabat Kabid Organisasi KONI Pusat ini optimistis banyak lahir karateka andal dari kejurnas tersebut. Para atlet berprestasi itu, lanjut Sudirman, akan diusulkan kepada PB Forki untuk ikut seleksi tim nasional karate.

Apalagi, Indonesia sedang bersiap mengikuti SEA Games 2015 Singapura yang digelar pertengahan tahun depan. “Selama ini, karate merupakan cabang andalan Indonesia di ajang-ajang multievent seperti SEA Games. Kita harus memanfaatkannya dengan baik,” ujar dia.

Sudirman menambahkan, ajang yang digelar PB Wadokai tersebut mempertandingkan 90 kelas mulai dari pemula, kadet dan yunior. PB wadokai juga akan mengumpulkan para pemenang untuk dikirim ke berbagai kejuaraan di luar negeri.

“Atlet terbaik akan kita fokuskan untuk mengikuti kejuaraan di luar negeri. Apalagi pada bulan ini ada kejuaraan di Eropa dan Agustus 2015 ada kejuaraan di Osaka, Jepang. Saya optmistis akan lahir karateka andal dan mereka bakal menggantikan atlet yang mendekati pensiun,” jelasnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments