Foto: suaramerdeka.com / dok

3.500 Atlet Ikut Serta dalam Gelaran Popda Tingkat Kota Tegal

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

TEGAL, suaramerdeka.com – Sedikitnya 3.500 atlet dari SD/MI hingga SMA/SMK negeri maupun swasta ikut serta dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Tegal tahun 2017.

Wali Kota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno didampingi Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Shinta, SH.MH membuka gelaran yang akan mempertandingkan 13 cabang olahraga tersebut dengan prosesi pelepasan balon dan penyerahan piala bergilir Poda Kota Tegal dari para Juara Umum Popda tahun 2016 kepada Wali Kota Tegal di Stadion Yos Sudarso, Jumat (24/2).

Dalam sambutan pembukaannya, wali kota mengatakan, Popda yang merupakan agenda tahunan diharapkan bisa menjadi titik lanjut dari pembibitan dan pembinaan atlet di Kota Tegal yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan.

“Kami berharap akan terjaring bibit bibit atlet potensial yang berbakat untuk dibina lebih lanjut agar mampu berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” kata wali kota.

Selain itu menurutnya, gelaran Popda merupakan amanat Undang-undang No. 3 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Sehingga dalam penyelenggaraanya harus memenuhi prisip penyelenggaraan keolahragaan  seperti tersosialisasinya olahraga, meningkatkan kebugaran, terjaringnya atlet potensial, dan terpelihara persatuan dan kesatuan serta meningkatkan ketahanan nasional.

Wadah Generasi Berprestasi

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

Wali Kota berharap gelaran Popda menjadi wadah generasi berprestasi untuk menjauhkan diri dari hal-hal negatif. “Diharapkan semua sekolah membuat ekskul dengan konsep baru untuk peningkatan prestasi,” ujarnya.

Sementara itu untuk satuan pendidikan, Wali kota berpesan agar dalam konteks olahraga bisa terus konsisten untuk memantau dan memandu serta membina potensi pelajar di Kota Tegal.

“Secara perlahan akan menciptakan persepsi bahwa tawuran merupakan tindakan bodoh dan sia-sia, sehingga diharapkan akan hilang dengan mengelar berbagai kegiatan yang positif,” imbuh wali kota

Gelaran Popda akan berlangsung hingga 28 Februari. Upacara pembukaan, ditandai dengan penampilan Parade Defile. Mulai dari pasukan drumband SUPM Tegal, pasukan pembawa bendera merah putih, disusul barisan dari seluruh kontingen.

(Andika Primasiwi / CN26)

Comments

comments