Foto: Wikimedia

300 Atlet Ikuti Turnamen Catur Kilat

Foto: Wikimedia

Foto: Wikimedia

JAKARTA, suaramerdeka.com – Sebanyak 300 pecatur bakal bersaing pada Turnamen Catur Kilat Real Good Christmas 2014 di Jakarta, 20-21 Desember.   Wakil Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto mengutarakan, ajang tahunan tersebut perlu digelar untuk meningkatkan kualitas atlet. Bahkan, pihaknya mengklaim turnamen tersebut bisa mengantarkan para pecatur Indonesia berjaya di event internasional.

Pada SEA Games 2013 di Myanmar, kontingen catur Merah Putih sukses meraih lima emas. “Kami berharap, melalui turnamen ini nantinya bisa melahirkan bibit pecatur andal yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” kata Utut di Jakarta, Rabu (17/12).

Pihaknya menyadari berbagai turnamen tingkat nasional yang digelar PB Percasi seringkali dipusatkan di Ibu Kota. Ada usulan dari sejumlah pihak agar penyelenggaraan kejuaraan digeser ke provinsi lain seperti Semarang, Surabaya dan Bandung.  Mantan pecatur nasional bergelar Grand Master tersebut siap menggelar di daerah, namun harus menghitung biaya yang diperlukan.

“Bisa saja kalau mau menggelar turnamen di luar Jakarta. Tapi kami akan pelajari dulu, terutama menyangkut anggaran. Misal anggaran tidak terlalu jauh dengan di Jakarta, kita bisa ke Bandung, Semarang, Surabaya dan balik lagi ke Jakarta,” jelasnya.

Pada turnamen nanti, panitia menyediakan hadiah total sebesar Rp 56 juta, meningkat 11 persen dibanding tahun lalu senilai Rp 50 juta. Adapun nomor yang dipertandingkan, di antaranya kategori catur terbuka, wanita, yunior putra dan putri U-18 dan yunior putra dan putri U-14.

Untuk kategori catur terbuka akan sangat menarik karena para pecatur pelatnas bisa tampil. Beberapa nama yang ikut bersaing, antara lain Susanto Megaranto, Luthfi Ali, Farid Firmansyah dan Cerdas Barus.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments