Foto: AP Photo

2015, Aturan Pembatasan Komunikasi via Radio Diberlakukan

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Aturan soal pembatasan komunikasi balapan lewat radio direvisi otoritas tertinggi ajang Formula 1, FIA dan akan diberlakukan sepenuhnya pada musim balap 2015. Ide pembatasan komunikasi antara pebalap dengan tim yang berada di pit dicetuskan bos F1, Bernie Ecclestone.

Adapun  panduan mengenai pesan-pesan yang boleh disampaikan kepada para pebalap yang tengah beradu cepat di lintasan diberikan FIA melalui 50 butir pedoman. Alasan utama pembatasan komunikasi itu pun dilontarkan Ecclestone.

Selain untuk menghindari team order, pria 82 tahun itu juga beranggapan bahwa pada driver ‘jet darat’ tak perlu mendapatkan bantuan dari ruang kontrol saat balapan. Pada awalnya, aturan itu akan diberlakukan saat GP Singapura berlangsung akhir pekan ini. Tapi, FIA menunda beberapa poin untuk diterapkan pada musim balap tahun depan.

“Pesan mengenai performa seorang driver tak diizinkan. Tapi, larangan mengenai performa mobil akan di tunda hingga 2015 guna memberi tim waktu lebih untuk mempersiapkan diri,” kata pernyataan juru bicara FIA seperti dilansir oleh Reuters.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments