Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

20 Pemain Asing Segera Bergabung Tim IBL

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mulai musim 2017, kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) akan diramaikan pemain asing. Saat ini, para pemain impor tersebut sudah tiba di Jakarta. Selanjutnya, mereka akan didrop ke masing-masing klub untuk bergabung dengan tim.

Jumlah pemain asing yang didatangkan berjumlah 20 orang, rinciannya 19 dari Amerika Serikat dan satu Kanada. Setiap klub akan mendapatkan dua jasa pemain asing, kecuali CLS Knights Surabaya dan Aspac Jakarta. Sebab dua kontestan tersebut sudah memiliki pemain naturalisasi, sehingga tak diperkenankan menambah pemain asing.

Untuk Satya Wacana akan diperkuat Nate Maxey dan Jarron Crump. “Meski mereka datang ke Indonesia agak telat, tapi kami berharap mereka bisa cepat beradaptasi dan langsung menyatu dengan tim,” kata Direktur IBL Hasan Gozali, Selasa (10/1).

Dia mengemukakan, kehadiran para pemain impor tersebut dibiayai Liga. Menurutnya, setiap tim diberi anggaran 4.000 dolar AS untuk menggaji dua pemain asing.

“Liga menyediakan anggaran segitu (4.000 dolar AS). Tapi satu pemain asing, gajinya tak boleh melebihi 3.000 dolar AS. Untuk biaya lain-lain seperti makan, penginapan dan transportasi, itu jadi tanggungjawab tim. Dalam kontrak, mereka harus main di setiap games minimal tiga kuarter,” jelasnya.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menambahkan, adanya pemain asing diharapkan bisa mendongkrak pemain lokal dan meningkatkan kualitas kompetisi. “Jadi pemain-pemain kita dapat meningkatkan level permainan mereka dalam berlatih secara rutin dan bermain dengan para pemain asing,” ujar Danny.

Kompetisi IBL akan mulai diputar pada 20 Januari mendatang. Dari 11 kontestan yang akan bersaing dibagi menjadi dua divisi. Untuk Divisi Merah diisi CLS Surabaya, SM Pertamina, Garuda Bandung, JNE Siliwangi dan Bima Perkasa Jogja. Adapun Divisi Putih dihuni Pelita Jaya, W88.news Aspac Jakarta, Hangtuah Sumsel, Satya Wacana Salatiga, NSH Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya.

Nantinya, juara dari masing-masing grup akan langsung ke semifinal. Sementara peringkat dua dan tiga di masing-masing divisi akan bertemu silang dengan format home and away. Format ini akan dipakai sampai final.

Adapun kompetisi akan bergulir dalam delapan seri. Seri pertama digelar di Surabaya, 20-22 Januari,  dilanjutkan seri kedua di Jakarta (4-5 Februari), Semarang (10-12 Februari), Jakarta (18-19 Februari), Bandung (25-26 Februari), Jakarta (4-5 Maret), Yogyakarta (10-12 Maret) dan Bandung (17-19 Maret).

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments