Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

2.500 Taekwondoin Ikuti Turnamen Nasional

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 2.500 atlet taekwondo bakal mengikuti Turnamen Taekwondo Menhan Cup 2017 di Jakarta, 31 Maret – 2 April mendatang.

Para peserta berasal dari 18 provinsi di Tanah Air, seperti Papua, Kalteng, Kaltara, Sumut, Jambi, Sumsel, Lampung, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, NTT, DI Yogyakarta, Sumbar, Kepulauan Riau, Kaltim dan Bengkulu. Selain itu ada peserta mancanegara dari Thailand dan Malaysia.

Pada turnamen yang digelar Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI), Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kemenpora tersebut mempertandingkan dua kategori, yaitu kyorugi (tarung) dan pomsae (seni).

Sekretaris Kemenpora Gatot Dewa Broto mengatakan, Indonesia saat ini membutuhkan dan merindukan prestasi dari berbagai cabang olahraga, termasuk taekwondo. Karena itu, turnamen nanti diharapkan bisa memunculkan atlet berprestasi untuk menyongsong berbagai event internasional.

“Indonesia memperoleh momentum membangkitkan kembali kejayaan olahraga melalui penyelenggaraan Asian Games 2018. Oleh karena itu kita merindukan prestasi dan itu menjadi tanggungjawab dari seluruh pemangku kepentingan di bidang olahraga menjawab kerinduan tersebut,” kata Gatot di Jakarta, Jumat (24/3).

Dia mengemukakan, prestasi akan lahir dari adanya keseriusan dalam melakukan pembinaan olahraga sejak usia dini. Selain itu butuh komitmen untuk menyelenggarakan kompetisi dan turnamen secara berjenjang di semua level. “Taekwondo ini perkembangannya cukup menggembirakan karena keberadaannya makin digemari oleh anak-anak sejak usia dini,” jelasnya.

Ketua Umum Pengprov Taekwondo DKI Ivan Ronald mengatakan, ajang ini cukup diminati atlet dari berbagai daerah. Buktinya hingga pendaftaran ditutup pada 19 Maret lalu, taekwondoin yang ingin berpartisipasi mencapai 2.500 peserta.

“Cabang olahraga taekwondo ini masuk dalam cabang olahraga multieven, baik di SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Kami berharap melalui ajang ini akan lahir taekwondo-taekwondo Indonesia yang berprestasi di tingkat internasional,” kata Ivan Ronald.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments