Foto: istimewa

19 Negara Ikuti Sungailiat Triathlon 2016

Foto: istimewa

Foto: istimewa

BABEL, suaramerdeka.com - Even wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 bakal menyapa Kota Sungailiat, Bangka Belitung, 23 April 2016 mendatang. Menpar Arief Yahya melaunching langsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (19/4).

Sungailiat Triathlon ini memang mendapat perhatian besar dari Kementerian Pariwisata. Maklum, partisipan yang ambil bagian berasal dari 19 negara. Ada Algeria, Australiia, Austria, Kanada, Belanda, Prancis, Jerman,Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Romania, Singapore, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat serta tuan rumah Indonesia.

Total pesertanya, 687 orang.R atusan peserta itu dikelompokkan ke dalam tiga kategori. Ada yang Long Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,9 km, sepeda 90 kilometer dan lari 10 kilometer. Standart Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,5 km, sepeda 40 Km, dan lari 10 Km.

Satu kategori lainnya adalah Sprint Distance dengan jarak tempuh renang 0,75 km, sepeda 20 km dan lari 5 km.Bagi Kemenpar, ini adalah peluang emas untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

Penyelenggaraan wisata olahraga yang memadukan renang, bersepeda, dan marathon tersebut dianggap sangat bagus untuk mempromosikan potensi pariwisata Bangka. Ini sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan musantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.

Dari data Provinsi Bangka Belitung, trend kunjungan wisatawan yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even Sungailiat Triathlon terus meningkat. Tahun 2014 ada 400 wisnus dan 75 wisman yang datang menyaksikan sport tourism ini. Tahun 2015, jumlahnya meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman.

Sementara di 2016, Kemenpar memancang target 1,200 wisnus dan 400 wisman.“Even ini bisa memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka. Diperkirakan 1,200 wisnus dan 400 wisman yang datang ke Bangka untuk menyaksikan even ini. Kedatangan wisatawan tersebut akan menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata Kabupaten Bangka dan Babel pada umumnya,” tutur Menpar Arief Yahya

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Comments

comments