Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

16 Tim Basket Putra-Putri Siap Jalani Musim Baru

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

Foto: suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Sebanyak 16 tim siap menjalani musim baru kompetisi basket profesional Indonesia. Ke-16 tim itu terbagi 12 tim putra yang turun dalam Indonesia Basketball League (IBL) dan empat tim putri di Women Indonesia Basketball League (WIBL).

“Untuk putra masih lengkap sama dengan kompetisi-kompetisi musim sebelumnya ada 12 tim. Sementara putri dari musim lalu ada enam tim sekarang hanya diikuti empat tim,” tutur Media Officer Starting 5 Sportstainment, Dana Adinegara Purba, Rabu (7/10).

Dana menyebutkan, dua tim basket putri yang mengundurkan diri pada kompetisi musim 2016 yakni Rajawali Bandung dan satu dari dua tim asal Jateng, Sritex Dragons Solo. Namun, publik Jateng tak perlu bersedih karena masih ada klub Sahabat Semarang yang mewakili provinsi ini.

Runner-up kompetisi musim lalu itu melengkapi tiga klub lainnya seperti Merah Putih Predators Jakarta, Surabaya Fever dan tim baru Tomang Sakti Merpati Bali. Adapun 12 tim di kelompok putra terdiri dari Aspac Jakarta, Satria Muda Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, Stadium, CLS Knights Surabaya, Muba Hangtuah, Garuda Bandung, Pacific Caesar Surabaya, Bimasakti Nikko Steel Malang, JNE Bandung Utama, NSH GMC Riau dan klub asal Salatiga Satya Wacana.

“Meski dua tim putri mundur, kami dapat informasi kalau dari Bandung ada tim putri baru yang akan ikut serta. Sebenarnya dengan empat tim kompetisi masih bisa diputar, tapi ini masih menunggu kepastiannya sampai deadline akhir Oktober ini,” papar Dana.

Rencananya, baik IBL dan WIBL mulai bergulir 8 Januari 2016 sampai 30 April yang merupakan rangkaian series. Sementara play off hingga grand final berlangsung 15-28 Mei di Jakarta. Tapi sebagai ajang pemanasan akan berlangsung pre season 24-29 November mendatang di GOR C-Tra Arena Bandung.

“Untuk series akan berlangsung di enam kota rencananya di Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Jakarta. Khusus preseason hanya diikuti tim-tim IBL,” papar dia.

Starting 5 Sportstainment sendiri oleh PP Perbasi di bawah Ketua umum barunya Danny Kosasih ditunjuk sebagai operator kompetisi basket putra-putri profesional selama dua tahun ke depan dengan opsi perpanjangan tiga tahun. Perusahaan ini menggantikan operator kompetisi sebelumnya, PT DBL yang memutar NBL dan WNBL, yang tidak diperpanjang kontraknya.

(Gading Persada/CN39/SM Network)

Comments

comments