Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

1000 Pesepeda Ramaikan Borobudur International 10 K

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka.com - Konsep sport, tourism dan entertainment diusung dalam kegiatan Borobudur International 10 K & Half Marathon 2015 ini. Konsep ini masih sama dengan tahun lalu, hanya saja ada beberapa kegiatan yang lebih menarik. Salah satunya adalah Tour de Borobudur XV yang diikuti 1000 pesepeda.

”1000 bikers dari berbagai penjuru tanah air dan luar negeri pada Sabtu pagi (14/11) akan berkumpul di Mako Brimob Srondol Semarang dan bersepeda sejauh 88 km menuju Candi Borobudur,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Jateng, Budi Santoso.

Selain Tour de Borobudur, imbuhnya, sebelum penyelenggaraan Borobudur International 10K & Half Marathon 2015 pada Minggu (15/11), juga ada rangkaian kegiatan lain, seperti pemilihan mas dan mbak Jateng pada 13 November 2015 di Gedung Tri Bakti Magelang dan Borobudur Jazz Festival sekaligus Gala Dinner pada 14 November 2015 pukul 19.00 WIB di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Pada hari penyelenggaraan, ribuan pelari tidak hanya akan beradu untuk menjadi yang tercepat. Mereka juga disuguhi beragam kesenian tradisional di setiap jarak tertentu. Ditambah dengan pemandangan alam yang dengan latarbelakang Candi Borobudur sebagai warisan dunia.

Budi membeberkan, jumlah peserta yang mendaftar lebih dari 10 ribu orang. Mereka terbagi dalam kategori lomba 10K dan half marathon (21 km). Peserta untuk elite internasional yang sudah melakukan registrasi sebanyak puluhan pelari. Mereka berasal dari Malaysia, Kenya, Thailand dan Korea.

”Panitia menyediakan 4.500 medali finiser pertama (untuk kategori 10K) dan 500 medali finisher (untuk kategori Half Marathon) serta menyediakan Grandprize satu unit mobil, dan beragam doorprize menarik. Total hadianya Rp 1,6 miliar,” terangnya.

Dia menambahkan event ini memang sekaligus untuk mempromosikan potensi wisata Jateng. Sehingga, dikemas semenarik mungkin untuk menumbuhkan minat wisatawan datang ke Jateng. Borobudur International 10K dan Half Marathon ditargetkan mampu menyedot dua juta wisatawan asing.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan, kegiatan Borobudur International 10 K yang digabung dengan acara sepeda Tour de Borobudur XV dan Half Marathon akan dijadikan batu lompatan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2016.

(Hendra Setiawan / CN26)

Comments

comments