Minggu , 25 Juni 2017

Home » Suara Muria » Sosialisasi Imunisasi MR Terus Dilakukan

Sosialisasi Imunisasi MR Terus Dilakukan

19 Juni 2017 21:46 WIB Category: Suara Muria Dikunjungi: kali A+ / A-
BERIKAN PENJELASKAN: Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Any Willianti saat sosialisasi imunisasi MR di Panti Asuhan Aisyiyah Kudus. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

BERIKAN PENJELASKAN: Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Any Willianti saat sosialisasi imunisasi MR di Panti Asuhan Aisyiyah Kudus. (suaramerdeka.com/Ruli Aditio)

KUDUS, suaramerdeka.com – Sosialisasi dan kampanye imunisasi measles rubella (MR) sampai saat ini terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, dan hal ini dilakukan di semua sektor. Baik di masyarakat mau pun di lingkungan sekolah. Bahkan sasaran sosialisasi ini adalah sejumlah tenaga pengajar sekolah, agar mereka memahami pentingnya imunisasi tersebut.

“Pekan ini sosialisasi diperuntukkan untuk guru pengajar, SD, MI, MTs dan SMP,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto, melalui Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular, dokter F Hikari Widodo, saat sosialisasi, Senin (19/6).

Ia menuturkan bahwa, Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

“Jadi ini cukup penting dan jangan dipandang sebelah mata,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa sasaran dari imunisasi MR ini adalah anak usia sembilan bulan sampai dengan anak usia < 15 tahun.

“Sedangkan untuk pelaksanaan pemberian vaksin ini dilakukan ada dua tahapan. Yakni, tahap pertama dilaksanakan tahun 2017 di semua provinsi di Pulau Jawa, dan tahap kedua dilaksanakan di luar Jawa,” jelasnya.

Mulai Agustus

Terkait dengan dimulainya pelaksanaan imunisasi MR ini, Hikari menjelaskan, dijadwalkan mulai nanti pada bulan Agustus, dengan sasaran anak-anak SMP.

“Kemudian berlanjut di bulan September,” imbuhnya.

Mengenai target imunisasi ini, ia menjelaskan setidaknya bisa tercapai 98 persen hingga penghujung tahun nanti.

“Kami juga siapkan tim untuk menyisir apabila ada anak yang belum atau terlewati mendapatkan imunisasi MR,” tandasnya.
(Ruli Aditio/CN40/SM Network)

Sosialisasi Imunisasi MR Terus Dilakukan Reviewed by on . [caption id="attachment_1079938" align="alignnone" width="400"] BERIKAN PENJELASKAN: Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus [caption id="attachment_1079938" align="alignnone" width="400"] BERIKAN PENJELASKAN: Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Rating: 0