Sabtu , 24 Juni 2017

Home » Nasional » Sosialisasi Empat Pilar Tumbuhkan Semangat Kenegarawanan

Sosialisasi Empat Pilar Tumbuhkan Semangat Kenegarawanan

17 Februari 2017 7:36 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
foto: ISTIMEWA

foto: ISTIMEWA

SUMATERA UTARA, suaramerdeka.com – Anggota MPR Iskan Qolba Lubis, melakukan kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada warga desa Gabungan di Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, belum lama ini.

Di hadapan peserta yang berjumlah sekitar 200 warga ini,Iskan memaparkan bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) merupakan kegiatan inti dari MPR.

“Hal ini dilakukan karena MPR harus melaksanakan perintahUU yaitu UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang mewajibkan sosialisasi empat pilar,” jelas Iskan.

Menurut Iskan, salah satu tujuan disosialisasikan empatpilar ini adalah mencitakan jiwa kenegarawanan yang sesuai dengan prinsipkeempat konsensus bersama yaitu Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945.

“Para pejuang yang melahirkan Republik ini adalah paranegarawan, yang telah selesai dengan urusan dan kepentingannya sendiri, sehingga dapat leluasa berbakti bagi kepentingan bangsa dan Negara,” katanya.

Salah satu contoh betapa sangat negarawannya para pejuangdan pendiri bangsa ini adalah kerelaan untuk menerima Pancasila sebagai dasar Negara,dan dicoretnya tujuh kata dalam Piagam Jakarta.  “Proses pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta itu tidak lain merupakan salah satu bentuk kerelaan yang tercermin dari sikap kenegarawaan,” ujarnya.

(Andika Primasiwi / CN26 / SM Network)

Sosialisasi Empat Pilar Tumbuhkan Semangat Kenegarawanan Reviewed by on . [caption id="attachment_615529" align="alignnone" width="400"] foto: ISTIMEWA[/caption] SUMATERA UTARA, suaramerdeka.com - Anggota MPR Iskan Qolba Lubis, melaku [caption id="attachment_615529" align="alignnone" width="400"] foto: ISTIMEWA[/caption] SUMATERA UTARA, suaramerdeka.com - Anggota MPR Iskan Qolba Lubis, melaku Rating: 0