Kamis , 29 Juni 2017

Home » Nasional » SMSI Sulawesi Utara Terbentuk

SMSI Sulawesi Utara Terbentuk

22 April 2017 0:27 WIB Category: Nasional Dikunjungi: kali A+ / A-
Foto: smsindonesia.co

Foto: smsindonesia.co

KENDARI, suaramerdeka.com - Dalam rangka menghimpun media siber di Sulawesi Utara (Sultra), para pengelola media siber di Sultra, telah membentuk Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembentukan SMSI yang diinisiasi oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono, ini dihadiri perwakilan sejumlah media di sekretariat PWI Sultra di Kendari, Jumat (21/4).

Sarjono merupakan penerima mandat dari pengurus pusat SMSI melalui surat nomor 017/SMSI-Pusat/IV/2017 tertanggal 31 Maret 2017. Ditambah

Sarjono yang merupakan penerima mandat dari pengurus pusat SMSI melalui surat nomor 017/SMSI-Pusat/IV/2017 tertanggal 31 Maret 2017 itu, mengatakan, pembentukan SMSI Provinsi Sultra ini untuk menghimpun media siber di Sultra. Selain itu, merujuk surat SMSI Pusat nomor 030/SMSI-Pusat/IV/2017 tanggal 20 April, penerima mandat diminta segera mengirim daftar kepengurusan SMSI Provinsi sebelum 25 April mendatang, dan untuk kelengkapan syarat SMSI mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers.

“Saya sebagai penerima mandat, memiliki beban moril untuk segera membentuk SMSI Provinsi Sultra ini. Organisasi ini penting untuk menegakkan undang-undang dan kode etik, khusus kepada medianya. Kita berharap SMSI Provinsi Sultra ini memfilter media Siber yang menjamur,” kata wartawan LKBN Antara Sultra ini.

Pemimpin Redaksi Sultrakini.com, Gugus Suryaman, ditetapkan secara aklamasi memimpin SMSI Sultra. Kemudian, Sarini Ido (Sultrakini.com) sebagai sekretaris dan wakilnya. Andi Nur Aisyah (Radarsultra.co.id) sebagai bendahara serta wakilnya Siti Nirmala Sari (Zonasultra.com). Sementara itu, Sarjono masuk dalam jajaran Dewan Penasehat SMSI Sultra bersama Rustam (Zonasultra.com), Sudirman Duhari (Mysultra.com), M Djufri Rachim (Sultrakini.com), Mahdar Tayyong (Beritakotakendari.co.id), serta Irwansyah Amunu (Butonpos.com).

Gugus Suryaman mengatakan, Setelah pengukuhan secara resmi oleh SMSI pusat, SMSI Sultra akan mulai bekerja. Mengingat syarat keanggotaan SMSI yang cukup ketat, pihaknya akan mengutamakan pembinaan dan pengarahan bagi media online yang ada di Sultra. “Kita akan mengakomodir media Siber masuk ke SMSI. Dalam catatan kami, ada lebih dari 30 situs berita yang berbasis di Sultra. Tapi kita belum tahu mana media yang serius dan tidak. Inilah yang akan menjadi tugas kami salah satunya,” ujarnya.

Direktur Utama Zonasultra.com, Rustam, mengapresiasi terbentuknya SMSI Sultra. Dengan adanya perhimpunan media Siber ini, menurut Rustam, akan membedakan media online yang benar dan yang hanya abal-abal. Sehingga berita-berita hoax akan mudah ditangkal. “Saya rasa dengan adanya SMSI ini, akan memberikan pencerahan kepada publik agar dapat membedakan berita-berita hoax yang banyak beredar di internet dan sosial media,” terangnya.

(Marlinda OE/CN38/SM Network)

SMSI Sulawesi Utara Terbentuk Reviewed by on . [caption id="attachment_1017983" align="alignnone" width="400"] Foto: smsindonesia.co[/caption] KENDARI, suaramerdeka.com - Dalam rangka menghimpun media siber [caption id="attachment_1017983" align="alignnone" width="400"] Foto: smsindonesia.co[/caption] KENDARI, suaramerdeka.com - Dalam rangka menghimpun media siber Rating: 0