Tujuh Tahun Jalingkut Mangkrak | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Tujuh Tahun Jalingkut Mangkrak

Tujuh Tahun Jalingkut Mangkrak

DPRD Desak Pembangunan Dilanjutkan

20 Mei 2017 0:12 WIB Category: SmCetak, Suara Pantura A+ / A-
SM/ Bayu Setiawan JALINGKUT MANGKRAK : Pembangunan jalan Jalingkut Brebes-Tegal, tepatnya di ruas Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Brebes mangkrak lebih dari tujuh tahun. Pembangunan proyek itu diminta dilanjutkan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Pantura Brebes dan Tegal.(15)

SM/ Bayu Setiawan
JALINGKUT MANGKRAK : Pembangunan jalan Jalingkut Brebes-Tegal, tepatnya di ruas Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Brebes mangkrak lebih dari tujuh tahun. Pembangunan proyek itu diminta dilanjutkan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Pantura Brebes dan Tegal.(15)

BREBES- Hampir tujuh tahun royek pembangunan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal dibiarkan mangkrak. Untuk itu DPRD Kabupaten Brebes meminta pemerintah dalam hal ini Pemkab Brebes dan Pemkot Tegal melanjutkan proyek tersebut.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua DPRD Brebes Warsudi, kemarin menyusul persoalan kemacetan di jalur Pantura Brebes yang tak kunjung teratasi, meski saat ini sudah ada jalan tol Pejagan-Brebes.

”Kami meminta Pemkab Brebes untuk mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar kembali melanjutkan proyek pembangunan Jalingkut yang mangkrak ini. Apalagi, informasi yang kami peroleh proses hukum proyek ini sudah selesai,” tandas Warsudi.

Dia mengatakan, Jalingkut sepanjang 17 kilometer selain menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan, juga diharapkan dapat memberikan keamanan bagi masyarakat. Meski saat ini sudah ada jalan tol, dia menambahkan, tetapi kendaraan berat seperti truk kontainer masih melintas di jalur dalam Kota Brebes. Keadaan itu menjadikan kerawanan bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar Jalur Pantura.

Pilih JalurPantura

”Di samping untuk mengatasi macet, Jalingkut ini juga bisa untuk mengantisipasi kejadian truk menabrak pasar yang merunggut banyak korban jiwa tidak terulang lagi. Ini karena truk besar bisa melalui Jalingkut,” ungkapnya.

Menurut dia, kebijakan terkait imbauan agar kendaraan berat atau truk masuk tol juga bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi agar kejadian kecelakaan yang merenggut korban jiwa banyak tidak terulang. Namun demikian, persoalan yang terjadi di lapangan sopir truk enggan masuk tol karena tarifnya mahal.

Dari pada biaya operasional digunakan untuk membayar tarif tol yang mahal, mereka lebih memilih melewati jalur Pantura Kota Brebes. ”Untuk itu, solusi paling baik bagi masalah truk ini, Jalingkut diselesaikan. Apalagi, anggaran proyek ini menjadi kewenangan pusat sehingga tidak membebani daerah,” tuturnya.

Desakan dilanjutkannya proyek Jalingkut itu juga disampaikan aktivis Brebes, Abdul Aris Asa’ad. Menurur dia, keberadaan Jalingkut saat ini sudah sangat dibutuhkan. Di sisi lain, kondisi bangunan jalan yang sebagian sudah dikerjakan semakin rusak dan akan mubazir. Bahkan, sejumlah bangunan jembatan yang belum jadi semakin rusak.

”Kami sangat berharap Jalingkut ini dilanjutkan, karena akan mendatangkan banyak manfaat. Tidak hanya bagi pengguna jalan, tetapi bagi masyarakat Brebes dan Kota Tegal secara umum,” katanya. Sementara itu sejumlah sopir truk mengaku, meski saat ini sudah ada tol Pejagan-Brebes tetapi mereka masih memilih melalui jalur pantura Brebes karena tarif tol dirasa mahal.

Jika melalui tol biaya operasiol perjalanan yang diterima tidak mencukupi untuk sampai tujuan. Namun kalau ada jalan lain yang gratis, kemungkinan truk akan memilih jalur tersebut. ”Tetap lewat pantura, karena tol mahal. Tapi, terkadang yang lewat tol Pejagan-Brebes kalau kondisinya terpaksa,” tutur Dedi (45), sopir truk kontainer asal Semarang ditemui di jalur pantura Brebes.(H38-15)

Comments

comments

Tujuh Tahun Jalingkut Mangkrak Reviewed by on . [caption id="attachment_601670" align="alignleft" width="300"] SM/ Bayu SetiawanJALINGKUT MANGKRAK : Pembangunan jalan Jalingkut Brebes-Tegal, tepatnya di ruas [caption id="attachment_601670" align="alignleft" width="300"] SM/ Bayu SetiawanJALINGKUT MANGKRAK : Pembangunan jalan Jalingkut Brebes-Tegal, tepatnya di ruas Rating: 0
scroll to top