Tebing Sawah Longsor Tutup Sungai Bangkong | suaramerdeka.com

Minggu , 25 Juni 2017

Home » SmCetak » Tebing Sawah Longsor Tutup Sungai Bangkong

Tebing Sawah Longsor Tutup Sungai Bangkong

Permukiman Warga Sabrang Terancam

10 Juni 2017 0:13 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-
SM/Susanto BERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Warga dan petugas gabungan membersihkan material longsoran tebing dan sawah yang menutup aliran Sungai Bangkong di Kracak, Ajibarang kemarin. (33)

SM/Susanto
BERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Warga dan petugas gabungan membersihkan material longsoran tebing dan sawah yang menutup aliran Sungai Bangkong di Kracak, Ajibarang kemarin. (33)

BANYUMAS – Longsornya tebing sawah setinggi 15 meter dan lebar 30 meter di Grumbul Sawangan, Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Jumat (9/6) dini hari, menutup aliran Sungai Bangkong.

Akibatnya aliran sungai selebar 60 meter tersebut tertutup dan membuat genangan air yang mengancam permukiman warga di Grumbul Sabrang. Warga setempat, Sulkim mengatakan longsornya tebing itu terjadi sekitar pukul 01.30.

Suara keras robohnya pepohonan kelapa dan gemuruh akibat longsornya tebing tersebut mengejutkan warga setempat yang sedang beristirahat. Akibatnya warga langsung keluar rumah mencari sumber suara tersebut. “Warga yang panik langsung keluar rumah dan kemudian langsung melihat kondisi yang ada. Longsoran itu membendung aliran sungai,” katanya.

Khawatir terjadi berbagai hal yang tak diinginkan termasuk banjir, warga langsung berjaga dan melaporkan hal tersebut kepada pemerintah desa dilanjutkan ke dinas terkait. Hingga pagi hari warga terus berjaga di sekitar lokasi kejadian terutama warga yang rumahnya tepat di bantara Sungai Bangkong. Di pagi hari, material longsoran tebing dan sawah itu masih menutup aliran sungai Bangkong.

Akibatnya genangan air membuat permukaan sungai Bangkong naik hingga lima meter dari biasanya. Sementara pepohonan kelapa yang tumbang terbawa longsor juga secara bertahap dipotong oleh warga dengan kerja bakti. Sejak pagi material longsor mulai dibersihkan dengan alat seadanya. Hal itu dilaksanakan agar aliran air bisa sedikit demi sedikit lancar.

Sementara itu mulai siang, aparat gabungan dari BPBD, Tagana dan sebagainya turun di lokasi. Menggunakan pompa air dan semprotan besar, warga bersama petugas gabungan langsung membersihkan lokasi sehingga air dalam bendungan itu mulai surut. (K37-33)

Comments

comments

Tebing Sawah Longsor Tutup Sungai Bangkong Reviewed by on . [caption id="attachment_615980" align="alignleft" width="300"] SM/SusantoBERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Warga dan petugas gabungan membersihkan material longsoran [caption id="attachment_615980" align="alignleft" width="300"] SM/SusantoBERSIHKAN MATERIAL LONGSOR : Warga dan petugas gabungan membersihkan material longsoran Rating: 0
scroll to top