Tangkapan Ikan Ditarget 1 Juta Ton | suaramerdeka.com

Minggu , 30 April 2017

Home » SmCetak » Tangkapan Ikan Ditarget 1 Juta Ton

Tangkapan Ikan Ditarget 1 Juta Ton

22 April 2017 0:03 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-

BANJARNEGARA- Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) menargetkan produksi ikan tangkapan perairan darat mencapai 1 juta ton pada 2017.

Salah satu upayanya yakni mengoptimalkan pencatatan hasil tangkapan nelayan. Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan pada Dirjen Perikanan KKP, Reza Shah Pahlevi mengatakan, pemerintah menargetkan peningkatan produksi ikan tangkapan perairan darat. Selama ini, produksi nasional baru berkisar 431.000 ton per tahun. ’’Proyeksi kami, tahun ini produksi bisa tembus 1 juta ton,’’ katanya, saat meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wanadadi, kemarin.

Dia mengakui, produksi ikan tangkapan darat tersebut masih rendah. Hal tersebut lebih disebabkan oleh banyaknya nelayan yang tidak melaporkan hasil tangkapannya. Karena itu, salah satu upayanya yakni dengan menertibkan pencatatan produksi ikan dari nelayan. ’’Karena masih banyak hasil tangkapan yang underreported, jadi angkanya masih sangat kecil,’’jelasnya.

Dikatakan, KKP memprogramkan optimalisasi sistem pencatatan hasil tangkapan nelayan air darat, baik di waduk maupun sungai. Nantinya, ada petugas dari Dinas Perikanan yang mencatat hasil tangkapan nelayan di sejumlah TPI yang ada di wilayahnya.

Data tersebut kemudian dikompilasikan oleh dinas provinsi oleh lembaha pengelolaan perikanan perairan darat. ’’Jadi, data yang tersaji akan menggambarkan produksi yang sebenarnya,’’paparnya. Di Banjarnegara, lanjutnya, Sungai Serayu dan Waduk Mrica menjadi salah satu daerah tangkapan ikan. Di dekat waduk juga sudah dibangun TPI yang diharapkan akan menjadi tempat transaksi sekaligus pencatatan tangkapan.

Tambah Fasilitas

Sayangnya, masih banyak nelayan maupun pedagang pengepul yang belum memanfaatkan TPI tersebut. Untuk menarik nelayan dan pedagang, bangunan tersebut akan direnovasi dan ditambah fasilitas pendukung termasuk kedai kebutuhan pokok bagi nelayan. ’’Tujuannya menjadikan TPI sebagai magnet sehingga mereka mau mendarat di TPI,’’ terangnya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara YAU Sugiharjo mengatakan, produksi ikan tangkapan perairan darat Banjarnegara sekitar 1.250 ton per tahun. Sebagian besar merupakan tangkapan dari Waduk Mrica yang mencapai 713 ton. ’’Karena memang area waduk yang luas serta ada fasilitas TPI,’’ujarnya.

Ditambahkan, ada 13 kelompok nelayan yang beroperasi di Waduk Mrica. Mereka berasal dari beberapa desa di sekeliling waduk di Kecamatan Wanadadi dan Bawang. Karena itu, untuk pencatatan hasil tangkapan akan difokuskan di TPI yang ada di Wanadadi. Diakui, selama ini transaksi antara nelayan dengan pedagang pengumpul lebih banyak dilakukan di luar TPI.

’’Karena itu dengan perbaikan dan penambahan fasilitas di TPI, harapan kami mereka mau masuk sehingga memudahkan dalam memonitor hasil tangkapan,’’ pungkasnya. (K36-59)

Comments

comments

Tangkapan Ikan Ditarget 1 Juta Ton Reviewed by on . BANJARNEGARA- Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) menargetkan produksi ikan tangkapan perairan darat mencapai 1 juta ton pada 2017. Salah satu upayanya yak BANJARNEGARA- Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) menargetkan produksi ikan tangkapan perairan darat mencapai 1 juta ton pada 2017. Salah satu upayanya yak Rating: 0
scroll to top