Suriah-Rusia Kecam Serangan Koalisi AS | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Internasional » Suriah-Rusia Kecam Serangan Koalisi AS

Suriah-Rusia Kecam Serangan Koalisi AS

Beberapa Warga Sipil Tewas

20 Mei 2017 0:03 WIB Category: Internasional, SmCetak A+ / A-

DAMASKUS – Koalisi Amerika Serikat dan sekutu melancarkan serangan terhadap konvoi pasukan pro-pemerintah Suriah di dekat perbatasan Yordania, Kamis (18/5) lalu.

Suriah dan sekutunya, Rusia, mengecam serangan udara yang disebutkan menewaskan beberapa orang itu. ”Pada Kamis (18/5) pukul 16.30, apa yang dinamakan koalisi internasional menyerang salah satu posisi militer Arab Suriah di jalan Al- Tanf di wilayah Badia Suriah, yang menimbulkan sejumlah martir dan menyebabkan kerusakan material,” tutur sumber militer Suriah kepada media pemerintah seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/5) kemarin.

”Serangan terang-terangan oleh apa yang dinamakan koalisi internasional ini menunjukkan kepalsuan klaim-klaimnya memerangi terorisme,” imbuh sumber tersebut. Militer AS melancarkan serangan udara ke milisi propemerintah saat mereka mengarah menuju pangkalan militer al-Tanf di Suriah selatan, dekat perbatasan Suriah-Irak-Yordania, yang digunakan oleh AS dan pasukan pemberontak yang didukung AS.

Di wilayah tersebut, pasukan AS dan koalisi internasional memerangi kelompok radikal IS. ”Serangan kurang ajar oleh koalisi internasional ini mengungkap kesalahan klaim mereka berperang melawan terorisme,” ujarnya dalam laporan yang dikutip AFPitu.

Tak Bisa Diterima

”Tentara Arab Suriah itu memerangi terorisme di kawasannya, dan tidak ada pihak yang berhak menentukan jalur operasinya.” ”Tentara Arab Suriah tidak akan terintimidasi oleh upaya koalisi internasional untuk menghentikan tugas sucinya.” Dalam pernyataan resmi, koalisi pimpinan AS menyatakan telah menyerang ”pasukan pro-rezim yang memicu ancaman terhadap Amerika Serikat dan pasukan rekanannya.”

Pemerintah Rusia menyebut bahwa serangan AS tersebut telah menewaskan warga sipil dan tak bisa diterima. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov Gatilov mengatakan serangan AS itu telah melanggar kedaulatan Suriah dan tak akan membantu upaya untuk menemukan solusi politik atas konflik Suriah.

Koalisi menyatakan serangan itu dilakukan setelah upaya gagal Rusia untuk menghalangi pergerakan pro-rezim Suriah juga penunjukkan kekuatan pesawat koalisi, dan tembakan peringatan. Media pemerintah Suriah tidak memberikan jumlah resmi korban serangan itu.

Namun, Syrian Overservatory for Human Rights, monitor yang berbasis di Inggris, melaporkan delapan orang yang kebanyakan bukan warga Suriah kehilangan nyawanya. Sejumlah pasukan reguler dan khusus bertempur bersama pemerintah melawan pemerintah, termasuk pasukan Rusia dan Iran serta militan dari Hizbullah Irak-Lebanon.

Serangan yang pada Kamis ini terjadi di tengah peningkatan ketegangan dalam menentukan pasukan mana yang akan menghadapi kelompok teror IS di timur Suriah.(afp,rtr,bbc-niek- 23)

Comments

comments

Suriah-Rusia Kecam Serangan Koalisi AS Reviewed by on . DAMASKUS - Koalisi Amerika Serikat dan sekutu melancarkan serangan terhadap konvoi pasukan pro-pemerintah Suriah di dekat perbatasan Yordania, Kamis (18/5) lalu DAMASKUS - Koalisi Amerika Serikat dan sekutu melancarkan serangan terhadap konvoi pasukan pro-pemerintah Suriah di dekat perbatasan Yordania, Kamis (18/5) lalu Rating: 0
scroll to top