Suporter Terprovokasi Berita Hoax | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Suporter Terprovokasi Berita Hoax

Suporter Terprovokasi Berita Hoax

Bentrokan Pendukung Persijap dan PSS

19 Mei 2017 0:10 WIB Category: SmCetak, Suara Muria A+ / A-
SM/Adi Purnomo DIBERSIHKAN : Bekas gas air mata dan sisa-sisa pembakaran di Pertigaan Banyuputih dibersihkan petugas pemadam kebakaran dan Dinas Linkungan Hidup Jepara, Kamis (18/5). (61)

SM/Adi Purnomo
DIBERSIHKAN : Bekas gas air mata dan sisa-sisa pembakaran di Pertigaan Banyuputih dibersihkan petugas pemadam kebakaran dan Dinas Linkungan Hidup Jepara, Kamis (18/5). (61)

JEPARA- Ribuan suporter PSS Sleman diadang oleh suporter Persijap Jepara saat hendak pulang ke Sleman usai menonton pertandingan di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Rabu (17/5) malam.

Penelusuran Suara Merdeka menunjukkan, suasana panas tersebut juga dikompori oleh peredaran gambar dan berita hoax. Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho menjelaskan, sempat beredar berita dan gambar hoax di media sosial jika ada salah satu suporter Persijap yang tergeletak di jalan setelah dipukuli suporter Sleman.

Hal itu membuat suasana menjadi kian panas, selain juga ketidakpuasan suporter atas kekalahan tim kesayangaannya, Persijap. ”Memang beredar gambar dan berita bohong jika suporter Persijap dikeroyok oleh suporter Sleman. Padahal berita itu tidak benar karena kejadiannya memang tak ada. Hal itu kian membuat panas.

Kalau penyebab awalnya jelas karena ketidakpuasan dengan hasil pertandingan,” tegas Yudianto saat konferensi pers, Kamis (18/5). Pengadangan terjadi pada pukul 22.30. Suporter Persijap mengadang di Jalan Jepara-Kudus KM 17 tepatnya di depan ATM BNI Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan.

Saat penghadangan melakukan pengrusakan pemecahan semua kaca Bus Cipta Usaha Jaya bernomor polisi AA- 1490-BC yang mereka kira suporter PSS Sleman dan ternyata Tim ISP Purworejo Junior yang Rabu sore kemarin juga bertanding melawan Persijap Junior di Stadion Kamal Junaidi Jepara. Penumpang bus salah sasaran tersebut diamankan ke Polsek Kalinyamatan. Pengadangan juga dilakukan di Perempatan Mayong.

Halau Massa

Untuk menghalau massa, Polisi beberapa kali menembakkan gas air mata. Namun suporter Persijap membalas dengan melempari batu dan kembang api. Karena merasa terdesak suporter PSS Sleman yang berada dalam bus keluar semua dan melakukan perlawanan terhadap suporter Persijap.

Dari perlawanan tersebut diduga suporter PSS Sleman melakulan pembakaran tiga sepeda motor yang ditinggal lari suporter Persijap dan pengrusakan kaca dan badan mobil Toyota Avanza bernomor polisi K-8948-LE yang diparkir di depan rumah warga. Adapun tiga sepeda motor yang dibakar di sekitar perempatan Pasar Mayong yakni Yamaha Mio, Honda Scoopy bernomor polisi K-6257-JV dan Honda Scoopy bernomor polisi K- 3318-QC.

Saat subuh, suporter PSS Sleman dengan pengawalan polisi gabungan baru berhasil keluar dari Jepara dan selanjutnya kembali ke Sleman melalui Kudus, Purwodadi dan Boyolali (tidak melewati Magelang). ”Kami masih melakukan pengembangan soal siapa yang sebenarnya membakar dan siapa pemilik kendaraan yang dibakar. Memang banyak yang mengalami luka. Baik dari kedua suporter maupun dari petugas kami,” tegasnya.

Hartanti (52), warga Desa Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan yang rumahnya tepat di pinggir jalan tempat pengadangan mengatakan, suporter sudah mulai berkumpul sekitar pukul 21.30. Semuanya memang terlihat tengah menunggu sesuatu. ”Suasana mencekam. Beberapa saat kemudian banyak terdengar bunyi petasan,” kata Tanti.

Dari informasi yang dihimpun dari keterangan sejumlah warga, memang terjadi bentrokan antara suporter Persijap, aparat kepolisian maupun dari suporter PSS Sleman. Pendukung tim Elang Jawa, julukan PSS, diinformasikan berbalik melakukan serangan ke suporter Persijap. (adp-61)

Comments

comments

Suporter Terprovokasi Berita Hoax Reviewed by on . [caption id="attachment_601169" align="alignleft" width="300"] SM/Adi PurnomoDIBERSIHKAN : Bekas gas air mata dan sisa-sisa pembakaran di Pertigaan Banyuputih d [caption id="attachment_601169" align="alignleft" width="300"] SM/Adi PurnomoDIBERSIHKAN : Bekas gas air mata dan sisa-sisa pembakaran di Pertigaan Banyuputih d Rating: 0
scroll to top