Suku Bunga Acuan Dipertahankan | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Ekonomi - Bisnis » Suku Bunga Acuan Dipertahankan

Suku Bunga Acuan Dipertahankan

20 Mei 2017 0:02 WIB Category: Ekonomi - Bisnis, SmCetak A+ / A-

JAKARTA – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate tetap 4,75%. Suku bunga Deposit Facility juga tetap 4,00% dan Lending Facility 5,50%.

Keputusan bank sentral itu sesuai dengan prediksi, dan direspons positif oleh pasar saham sehingga mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 29,96 poin atau 0,5% ke level 5.645,45 pada penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kemarin. Investor asing membukukan aksi beli bersih atau net buy Rp 393,74 miliar, sehingga secara year to date mencapai Rp 28,01 triliun.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menjelaskan kondisi di tingkat global yang saat ini masih memerlukan perhatian adalah potensi kenaikan suku bunga bank sentral AS atau Federal Fund Rate (FFR) yang berpotensi naik dua kali pada tahun ini.

’’FFR diperkirakan naik pada Juni 2017, lalu sekali lagi pada akhir Desember 2017. Namun, kami melihat akan dipercepat pada September 2017. Dengan kemungkinan FFR naik pada Juni dan September, kita akan melihat dampaknya terhadap kebijakan fiskal dan perdaganan AS,’’ ujar Agus saat konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis lalu.

Lebih Optimistis∂

Pihaknya bakal memperhatikan kondisi ekonomi dunia. Namun, ia menilai tahun ini perekonomian dunia lebih optimistis yang ditunjukkan oleh target pertumbuhan yang meningkat menjadi 3,5% pada akhir 2017. Di sisi lain, lanjut dia, harga komoditas dan kondisi ekonomi di Tiongkok, Eropa, India, dan Jepang menunjukkan perbaikan sehingga bisa berdampak positif terhadap Indonesia.

Namun, menurut dia, tekanan eksternal sejauh ini tidak mengganggu kepercayaan investor. Arus modal asing yang masuk hingga 12 Mei 2017 mencapai Rp 105 triliun atau lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp 65 triliun.

Dari sisi domestik, BI berupaya mencapai sasaran inflasi. Nilai tukar cukup mendukung dengan angka fleksibel yang mencerminkan fundamental perekonomian Indonesia. ’’Nilai tukar terhitung stabil, terbukti pada arus dana yang masuk cukup besar,’’tegas dia.

Cadangan devisa, kata dia, mulai menunjukkan peningkatan dari 121 miliar dolar AS pada akhir 2016 menjadi 123,2 miliar dolar AS pada April 2017. ’’Kami senantiasa akan menciptakan kebijakan makro dan menghindarkan perekonomian dari risiko yang berpotensi domestik,’’ tandas Agus.(bn-17)

Comments

comments

Suku Bunga Acuan Dipertahankan Reviewed by on . JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate tetap 4,75%. Suku bunga Deposit F JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate tetap 4,75%. Suku bunga Deposit F Rating: 0
scroll to top