Solo Layak Jadi Tuan Rumah HPN 2018 | suaramerdeka.com

Selasa , 27 Juni 2017

Home » SmCetak » Berita Utama » Solo Layak Jadi Tuan Rumah HPN 2018

Solo Layak Jadi Tuan Rumah HPN 2018

21 Maret 2017 3:24 WIB Category: Berita Utama, SmCetak A+ / A-

SOLO – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta bersama PWI Jateng optimistis terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang ditetapkan, Selasa (21/3) di Jakarta. Sebelumnya, Tim Verifikasi HPN 2018 Muhamad Ihsan dan Teguh Santosa meninjau langsung persiapan di Kota Solo. Kedua pimpinan PWI Pusat itu berdiskusi dengan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Lodji Gandrung didampingi sejumlah pengurus, di antaranya Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul dan PWI Jateng Amir Machmud NS. ‘’Kami (PWI Surakarta dan Jateng), optimistis. Meskipun daerah lain menjadi kandidat, yakni Sumbar dan Sumut. Semoga Solo dan Jateng lebih dipertimbangkan,’’kata Ketua PWI Surakarta, Anas, Senin (20/3).

Anas menambahkan, banyak aspek, kenapa Solo dan Jateng. Menurut dia HPN 2018 jadi momentum penting, seperti bersamaan dengan 100 tahun Monumen Pers Nasional yang menjadi saksi lahirnya organisasi kewartawanan pertama. Bahkan radio, koran berbahasa daerah pertama atau Bromartani dan perusahaan percetakan pertama atau Lokananta lahir di Solo. ‘’Jadi 2018 napak tilas kesejarahan pers di Indonesia. Juga, pandangan masyarakat di nasional dan internasional tertuju ke Solo dan Jateng, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) berasal dari Solo,’’ungkap dia.

Banyak Manfaat

Sementara itu, Amir Machmud NS mendorong Solo dan Jateng terpilih. Menurut dia, tidak hanya fasilitas yang memadai, tetapi juga dukungan sumber daya manusia. Bahkan, banyak manfaat untuk masyarakat di Solo pada khususnya dan Jateng pada umumnya. HPN akan menggerakkan perekonomian, peneguhan kembali sejarah Hari Pers, hingga branding kota.

Bandara, stasiun, pusat oleholeh, perhotelan, UMKM, hingga tempat wisata ikut terdampak. ‘’Kami terus mengawal penilain oleh tim dari Jakarta. Solo dan Jateng itu paling layak jadi tuan rumah,’’harap dia.

Selain bertemu kepala daerah dan meninjau venue, seperti ruang pertemuan dan hotel, Tim Verifikasi HPN 2018 juga melihat salah satu destinasi wisata di Situs Manusia Purba Sangiran di Sragen.

Menurut Ihsan, secara detail, fasilitas, infrastruktur dan pendukung di Solo dan Jateng memadai. Namun membutuhkan dukungan Pemprov Jateng dan Pemkot Surakarta secara penuh. Untuk keputusan tuan rumah, akan dirapatkan saat pleno hari ini (21/3) di Jakarta. ‘’Selama tujuh tahun ini, HPN digelar di daerah timur Indonesia. Makanya kami mengecek Jawa. Ada peluang di situ,’’ ungkapnya. (H80-50)

Comments

comments

Solo Layak Jadi Tuan Rumah HPN 2018 Reviewed by on . SOLO - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta bersama PWI Jateng optimistis terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diteta SOLO - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta bersama PWI Jateng optimistis terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diteta Rating: 0
scroll to top