Siswa SD Jepang Latihan Evakuasi | suaramerdeka.com

Sabtu , 27 Mei 2017

Home » SmCetak » Internasional » Siswa SD Jepang Latihan Evakuasi

Siswa SD Jepang Latihan Evakuasi

Hadapi Rudal Korut

21 Maret 2017 0:15 WIB Category: Internasional, SmCetak A+ / A-

TOKYO – Di tengah ketegangan antara Jepang dan Korea Utara (Korut), siswa Sekolah Dasar di Kota Oga, bagian utara Perfektur Akita, Jepang, ikut latihan evakuasi yang digelar khusus untuk menghadapi peningkatan ancaman rudal Korut. Di saat guru dan para siswa tengah bermain di halaman sekolah, sirene tiba-tiba berbunyi.

Mereka serentak merunduk, menjatuhkan diri ke tanah, sambil menunggu instruksi selanjutnya. “Ini adalah latihan. Sebuah rudal telah diluncurkan,” bunyi peringatan dari alat pengeras suara.

Para siswa dan guru segera berjalan dari lapangan ke gedung olah raga sekolah. Mereka berkumpul bersama sejumlah warga lain yang ikut berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Tak lama, peringatan lain kembali muncul melalui pengeras suara. Pengumuman itu menginformasikan warga bahwa sebuah rudal telah jatuh di dekat wilayah mereka.

“Sebuah rudal jatuh sekitar 20 kilometer di lepas pantai Oga, kerusakan masih belum diketahui, harap tetap berlindung di dalam gedung olah raga,” bunyi peringatan tersebut. Kepala SD Oga, Shin Kikuchi, menganggap latihan evakuasi ini memberikan pelajaran berharga bagi para siswa.

Kikuchi menuturkan, meski murid-muridnya masih terbilang sangat muda, cepat atau lambat mereka akan mulai memahami seberapa penting latihan evakuasi ini, khususnya dalam menghadapi ancaman rudal.

“Karena potensi ancaman rudal lebih besar dari pada yang selama ini kita bayangkan,” ungkap Kikuchi. Bagi sebagian warga Oga, latihan evakuasi ini mengingatkan mereka pada kenangan yang memilukan.

Selama Perang Dunia II, bunyi sirene menjadi pertanda buruk yang mengharuskan warga di wilayah itu bersembunyi di tempat evakuasi dan penampungan untuk berlindung dari ancaman serangan udara.

“Selama PD II, kami bersembunyi di tempat penampungan menggunakan masker ketika mendengar sirene berbunyi,” tutur Reinosuke Ishigaki, seorang penduduk berusia 89 tahun. (cnn,rtr-niek-23)

Comments

comments

Siswa SD Jepang Latihan Evakuasi Reviewed by on . TOKYO - Di tengah ketegangan antara Jepang dan Korea Utara (Korut), siswa Sekolah Dasar di Kota Oga, bagian utara Perfektur Akita, Jepang, ikut latihan evakuasi TOKYO - Di tengah ketegangan antara Jepang dan Korea Utara (Korut), siswa Sekolah Dasar di Kota Oga, bagian utara Perfektur Akita, Jepang, ikut latihan evakuasi Rating: 0
scroll to top