Sarjana Diminta Berbekal Keahlian Spesifik | suaramerdeka.com

Minggu , 25 Juni 2017

Home » SmCetak » Semarang Metro » Sarjana Diminta Berbekal Keahlian Spesifik

Sarjana Diminta Berbekal Keahlian Spesifik

20 Juni 2017 0:33 WIB Category: Semarang Metro, SmCetak A+ / A-

SEMARANG- Memasuki persaingan dunia kerja yang kian ketat sarjana lulusan perguruan tinggi butuh berbekal banyak keterampilan. Keahlian yang dipilih juga tidak boleh sekenanya melainkan wajib yang spesifik. ”Lulusan perguruan tinggi (PT) baik negeri ataupun swasta saat ini dituntut memiliki kompetensi berstandar lulusan nasional dan internasional. Mereka juga tak cukup profesional di dalam keilmuannya tapi juga memiliki keahlian lebih,” tutur Dekan Fakultas Hukum (FH) Unissula Prof Dr Gunarto, saat membuka acara pemberian santunan untuk anak yatim baru-baru ini.

Acara yang diinisiasi BEM FH itu mengundang sedikitnya 50 anak yatim piatu dari Pondok Pesantren Al Islah Mranggen Demak. Dia menambahkan keahlian itu harus diperoleh mulai dari sekarang. Mumpung, waktu perkuliahan mahasiswa masih cukup panjang sebelum dihadapkan mencari atau menciptakan lapangan pekerjaaan. ”Keahlian tambahan itu misalnya pada penguasaan bahasa asing, pengetahuan di bidang teknologi informasi, atau aktif membentuk jiwa kepemimpinan di organisasi. Contoh lain adalah belajar kewirausahaan, atau memperdalam nilainilai agama Islam,” urainya.

Berbagai Terobosan

Menurut Gunarto pihaknya juga menerapkan berbagai terobosan untuk mendukung mahasiswanya memiliki keahlian tambahan. Untuk mahasiswa yang telah menempuh skripsi, serta tidak terbebani mata kuliah maka diberikan pelatihan peningkatan sumberdaya manusia melalui pengenalan praktek hukum, hingga pengetahuan jurnalistik.

Mereka juga diberi kesempatan magang, termasuk dengan bantuan jaringan alumni. Muaranya begitu lulus diinginkan tak perlu menunggu lama bisa bekerja. ”Pastinya melalui berbagai pelatihan itu maka standar kompetensi mahasiswa naik. Tidak cukup hanya berskala nasional, namun juga global,” katanya. (H41-63)

Comments

comments

Sarjana Diminta Berbekal Keahlian Spesifik Reviewed by on . SEMARANG- Memasuki persaingan dunia kerja yang kian ketat sarjana lulusan perguruan tinggi butuh berbekal banyak keterampilan. Keahlian yang dipilih juga tidak SEMARANG- Memasuki persaingan dunia kerja yang kian ketat sarjana lulusan perguruan tinggi butuh berbekal banyak keterampilan. Keahlian yang dipilih juga tidak Rating: 0
scroll to top