Puskesmas Panjatan II Pelopori Buku Sehatku | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Puskesmas Panjatan II Pelopori Buku Sehatku

Puskesmas Panjatan II Pelopori Buku Sehatku

19 Mei 2017 1:15 WIB Category: SmCetak, Suara Kedu A+ / A-

KULONPROGO – Langkah terobosan inovatif dilakukan oleh Puskesmas Panjatan II dalam upaya preventif dan promotif dengan pembuatan Buku Sehatku bagi para siswa sekolah di wilayah setempat.

Terobosan itu ditunjukkan saat Puskesmas Panjatan II dikunjungi Tim Penilai Seleksi Puskesmas Berprestasi Tingkat Propinsi DIY Tahun 2017, Kamis (18/5). Kepala Puskesmas Panjatan II dr Renny Lo mengatakan, yang tadinya lebih berorientasi kepada upaya kuratif dan rehabilitatif, juga sudah bergeser kepada upaya preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan pembuatan Buku Sehatku yang melibatkan para siswa sekolah.

Dengan buku ini setiap siswa menuliskan perilaku hidup sehat sehari-hari yang harus diketahui oleh orang tua. ’’Dengan Buku Sehatku ini untuk monitoring pola perilaku kesehatan setiap siswa, dan diharapkan setiap siswa nantinya dapat mengikuti pola hidup sehat dan tertanam sejak dini, karena anak-anak sebagai agen perubahan,’’katanya.

Menurut Renny, inovasi kegiatan yang dilakukan adalah yang terintegrasi beberapa program, dengan lintas program dan lintas sektoral. UKM Pengembangan seperti Jalin Asmara (Kerja lintas sektor akses sanitasi masyarakat), dan Buku Sehatku. Pimpinan tim penilai, drg Inni Hikmatin, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Puskesmas Panjatan II termasuk Buku Sehatku. Dia mengharapkan, sebagai agen perubahan, mudah-mudahan melalui anak-anak akan terbangun generasi yang luar biasa. Penilaian tersebut dilakukan untuk melihat pelaksanaan kesehatan terkait implementasinya sampai ke wilayah kecamatan.

Menurutnya, berbagai inovasi dan kreasi yang dilakukan oleh Puskesmas Panjatan II terhadap upara preventif dan promotif kepada masyarakat, dinilai luar biasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, dr Bambang Haryatno mengatakan, Puskesmas Panjatan II yang berada di Garongan Panjatan diusulkan sebagai calon penerima penghargaan FKTP Berprestasi 2017 kategori Puskesmas Kawasan Perdesaan karena bebarapa pertimbangan. Di antaranya, Puskesmas tersebut sebagai Puskesmas Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2016, dan sudah lulus penilaian Akreditasi tahun 2016. ’’Selain itu, Puskesmas Panjatan II merupakan Puskesmas BLUD terbaik di Kabupaten Kulonprogo tahun 2015 dan 2016. Juga berprestasi dalam tenaga kesehatan Teladan Dokter Tingkat Nasional tahun 2013,’’imbuhnya. (H87-43)

Comments

comments

Puskesmas Panjatan II Pelopori Buku Sehatku Reviewed by on . KULONPROGO - Langkah terobosan inovatif dilakukan oleh Puskesmas Panjatan II dalam upaya preventif dan promotif dengan pembuatan Buku Sehatku bagi para siswa se KULONPROGO - Langkah terobosan inovatif dilakukan oleh Puskesmas Panjatan II dalam upaya preventif dan promotif dengan pembuatan Buku Sehatku bagi para siswa se Rating: 0
scroll to top