Program Ketahanan Pangan Didukung | suaramerdeka.com

Sabtu , 24 Juni 2017

Home » SmCetak » Program Ketahanan Pangan Didukung

Program Ketahanan Pangan Didukung

22 April 2017 0:01 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-

PURWOKERTO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, kembali menjalankan program kerja sama peningkatan kemandirian ekonomi pesantren dengan melakukan program penguatan ketahanan pangan.

Dalam program ini, BI Purwokerto melaksanakan pindah tanam padi dengan metode hazton di sawah kawasan Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo, Banyumas, Kamis (20/4). Kegiatan dipimpin Bupati Banyumas, Achmad Husein dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Ramdan Denny Prakoso serta pendiri Pondok Pesantren Miftahul Huda.

Ramdan Denny Prakoso mengatakan, program kemandirian ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Miftahul Huda telah berjalan sejak 2016, yang dimulai dengan program gerakan transaksi nontunai atau elektronifikasi. ”Kerja sama ini kemudian dikembangkan dengan melaksanakan budi daya pertanian tanaman padi metode hazton,” katanya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, fokus program kemandirian ekonomi pesantren, ada tiga diantaranya, penguatan ketahanan pangan, pembentukan kewirausahaan santri dan emplementasi gerakan nontunai. ”Pondok Pesantren Miftahul Huda akan kami dijadikan percontohan, ketika nanti akan memperluas kerja sama dengan pesantren lain di wilayah eks Karesidenan Banyumas dengan melihat program yang sedang berjalan,” katanya.

Ia berharap semua program kerja sama di pondok pesantren dapat berjalan lancar, karena mimpi Bank Indonesia dan TPID Banyumas dapat menjadikan pesantren ini menjadi inti untuk menggerakkan daerah sekitar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat menjaga stabilitas harga pangan.

”Ini yang kita coba kembangkan. Tentunya BI hanya akan masuk di awal saja, kita mengharapkan begitu masuk, pesantren dan masyarakat dapat mengembangkan sendiri budidaya pertanian sendiri setelah pascapanen,” katanya. (H60-62)

Comments

comments

Program Ketahanan Pangan Didukung Reviewed by on . PURWOKERTO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, kembali menjalankan program kerja sama peningkatan kemandirian ekonomi pesantren dengan melakukan prog PURWOKERTO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, kembali menjalankan program kerja sama peningkatan kemandirian ekonomi pesantren dengan melakukan prog Rating: 0
scroll to top