Pesantren Diminta Siapkan Regenerasi Ulama | suaramerdeka.com

Kamis , 25 Mei 2017

Home » SmCetak » Pesantren Diminta Siapkan Regenerasi Ulama

Pesantren Diminta Siapkan Regenerasi Ulama

19 Mei 2017 1:14 WIB Category: SmCetak, Suara Kedu A+ / A-

PURWOREJO -Bupati Purworejo Agus Bastian meminta pondok pesantren menyiapkan regenerasi ulama. Saat ini, keberadaan ulama sudah mulai berkurang karena meninggal dunia. Hal itu disampaikan Bupati Bastian saat memberi sambutan pada acara akhirussanah, tasyakuran, dan haul ke-31 Pondok Pesantren Al- Iman Bulus Purworejo, Rabu (17/5) malam.

Menurutnya, sejak awal berdirinya pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pengkaderan ulama, tempat pengajaran ilmu agama, dan memelihara tradisi Islam. “Fungsi ini semakin berkembang akibat tuntutan pembangunan nasional yang mengharuskan pesantren terlibat di dalamnya,” terang Bupati Bastian.

Kehadiran pondok pesantren pun telah nyata membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, pesantren juga telah menawarkan jenis pendidikan alternatif bagi pengembangan pendidikan nasional. Diharapkan, setelah menyelesaikan pendidikan sesuai jenjangnya masing-masing, para santri tidak hanya menjadi pribadi yang pandai secara intelektual maupun keagamaan, namun mampu menjadi panutan masyarakat.

Selain itu mampu berperan dalam menjawab berbagai problematika yang muncul dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat. Jika dicermati, dewasa ini pertumbuhan dan penyebaran pondok pesantren cukup pesat, sehingga eksistensinya juga semakin kokoh. Keberadaannya yang penyuguhkan spesialisasi kajian baik tradisional ataupun modern itu membawa dampak positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di negeri ini. “Dan kami berharap Pondok Pesantren Al Iman Bulus akan terus eksis dan berkembang di masa-masa mendatang,” terang Bupati Bastian.

Utamanya untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya, dalam berupaya mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki iman dan takwa (Imtak) sekaligus tak ketinggalan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Keberadaan pondok pesantren juga sangat sejalan dengan visi misi bupati/wakil bupati periode 2016-2021 mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai kabupaten yang religiusitas dan demokratis. Pemerintah daerah akan terus mendukung dan bersinergi dengan seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Purworejo. (K5-43)

Comments

comments

Pesantren Diminta Siapkan Regenerasi Ulama Reviewed by on . PURWOREJO -Bupati Purworejo Agus Bastian meminta pondok pesantren menyiapkan regenerasi ulama. Saat ini, keberadaan ulama sudah mulai berkurang karena meninggal PURWOREJO -Bupati Purworejo Agus Bastian meminta pondok pesantren menyiapkan regenerasi ulama. Saat ini, keberadaan ulama sudah mulai berkurang karena meninggal Rating: 0
scroll to top