Perpusda Kekurangan Koleksi Buku Lokal Banyumas | suaramerdeka.com

Kamis , 25 Mei 2017

Home » SmCetak » Perpusda Kekurangan Koleksi Buku Lokal Banyumas

Perpusda Kekurangan Koleksi Buku Lokal Banyumas

20 Mei 2017 0:09 WIB Category: SmCetak, Suara Banyumas A+ / A-
SM/Gayhul Dhika Wicaksana  BUKU LOKAL: Pustakawan Perpusda Banyumas Fuad Zein Arifin, menunjukkan koleksi buku lokal Banyumas, Kamis (19/5). (33)

SM/Gayhul Dhika Wicaksana
BUKU LOKAL: Pustakawan Perpusda Banyumas Fuad Zein Arifin, menunjukkan koleksi buku lokal Banyumas, Kamis (19/5). (33)

PURWOKERTO – Koleksi buku-buku lokal Banyumas, di Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas (Perpusda) tak lebih dari 100 judul. Pustakawan Perpusda Banyumas Fuad Zein Arifin, mengatakan, kurangnya jumlah koleksi buku lokal Banyumas, disebabkan sampai saat ini memang tidak banyak penulis yang menulis tentang Banyumas. Dari sekitar 100 judul itu, kata dia sebagian besar hanya ada satu eksemplar tiap judulnya.

”Jadi kita kendalanya di situ, ada anggaran untuk membeli tapi memang bukunya yang jarang,” jelasnya, saat ditemui di Perpusda, Kamis (18/5). Ia mengatakan, buku lokal Banyumas koleksi Perpusda, terdiri atas buku tentang sejarah Banyumas, terjemahan kitab suci Alquran berbahasa Banyumasan, kamus Dialek Banyumasan, serta buku teks lain yang ditulis oleh warga Kabupaten Banyumas.

Ditampilkan Khusus

Menurutnya, buku-buku yang mengangkat sejarah Banyumas, Bahasa Banyumasan, maupun tulisan lain yang dibuat oleh orang Banyumas, memang se-dang diupayakan untuk dikumpulkan. Hal itu, kata dia karena kerap dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan referensi. ”Masyarakat, peneliti, termasuk mahasiswa, kerap mencari sumber referensi tentang Banyumas. Dari situ kita merasa perlu menyediakan referensi yang lengkap tentang Banyumas,” ucapnya.

Guna mengumpulkan buku lokal tersebut, pihaknya juga berharap bantuan dari masyarakat. Bagi masyarakat yang memiliki koleksi buku atau sumber referensi lain mengenai Banyumas, diharapkan dapat berkoordinasi dengan pihaknya. ”Barangkali ada yang memiliki naskah kuno tentang Banyumas, kita perlu itu.

Bahkan jika bisa, akan kita beli,” ujarnya. Saat ini kata dia, buku lokal Banyumas yang menjadi koleksi Perpusda Banyumas, ditampilkan khusus di sebuah etalase. Buku-buku itu ditampilkan di ruang lobby Perpusda Banyumas. Fuad mengatakan, buku ditampilkan secara khusus di etalase agar memudahkan pengunjung mengetahui koleksi buku lokal yang ada.

Salah seorang pengunjung Perpusda, Ely mengatakan, koleksi buku di Perpusda sejauh ini cukup lengkap. Namun koleksi mengenai buku tentang Banyumas masih kurang. ”Mau cari tahu referensi tentang sejarah saat masa perjuangan dahulu di Banyumas. Bukunya ada tapi hanya boleh dibaca di tempat, karena kata petugas hanya ada dua,” ujarnya. (K17- 33)

Comments

comments

Perpusda Kekurangan Koleksi Buku Lokal Banyumas Reviewed by on . [caption id="attachment_601639" align="alignleft" width="300"] SM/Gayhul Dhika WicaksanaBUKU LOKAL: Pustakawan Perpusda Banyumas Fuad Zein Arifin, menunjukkan k [caption id="attachment_601639" align="alignleft" width="300"] SM/Gayhul Dhika WicaksanaBUKU LOKAL: Pustakawan Perpusda Banyumas Fuad Zein Arifin, menunjukkan k Rating: 0
scroll to top