Media Asing Ekspose Kampung Pelangi | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Semarang Metro » Media Asing Ekspose Kampung Pelangi

Media Asing Ekspose Kampung Pelangi

19 Mei 2017 2:27 WIB Category: Semarang Metro, SmCetak A+ / A-

SEMARANG – Kampung Pelangi, Kelurahan Randusari mulai dilirik dunia, setelah beberapa pekan ini menjadi viral di media sosial. Setidaknya enam situs informasi asing mengekpose keindahan kampung pelangi di antaranya, dailymail.com, buzzerfeed.com, dan lonelyplanet.com.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi akan terus menyempurnakan wilayah tersebut. Anggaran sebesar Rp 16 miliar akan digelontorkan untuk melanjutkan penataan Pasar Kembang Kalisari. Tahap kedua itu meliputi pembangunan kawasan parkir, normalisasi saluran, pembangunan jalur pedestrian di sepanjang saluran hingga pembangunan foodcourt. Adapun proyek tersebut kini masuk tahap lelang. ”Insya Allah pada Desember nanti kawasan Pasar Kembang Kalisari akan semakin cantik, indah dan nyaman untuk mendukung kawasan Kampung Pelangi,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, di sela-sela jalan sehat bersama warga Kelurahan Randusari, Kamis (18/5) pagi.

Ia mengakui Kampung Pelangi bisa menjadi viral karena kerja keras seluruh masyarakat dan pengampu kepentingan di Kota Semarang. Adapun ide kampung itu muncul ketika penataan Pasar Kembang Kalisari tahap pertama selesai. Untuk memoles Kampung Brintik menjadi Kampung Pelangi dibutuhkan dana sebesar Rp 3 miliar. Sebab, kebutuhan dan kepemilikan rumah yang tak semua dihuni warga kurang mampu, membuat anggaran Pemkot tak dapat masuk. ”Karena itu, kami bersama jajaran berinisiatif menjadikan program penataan Kampung Brintik dengan model partisipatif, menggandeng seluruh pengampu kepentingan mulai dari pengusaha cat, perbankan, industri, konstruksi, pegolf dan lainnya menyelesaikan program ini,” imbuhnya.

Kesadaran Wisata

Hasilnya, kerja keras penataan kampung pelangi membuahkan hasil cemerlang. Banyak wisatawan mulai lokal, nasional hingga internasional terpesona dengan keindahan seni kreatif di berbagai sudut Kampung Pelangi. Meski baru rampung dua segmen dari total empat segmen pengerjaan, kecantikan kampung pelangi telah mampu mencuri perhatian dunia. Hendi mengajak seluruh warga untuk memiliki semangat yang sama menjadikan Kampung Pelangi semakin indah. Masyarakat sekitar diminta memiliki kesadaran wisata dan pengembangan UKM dalam menghidupkan wilayah tersebut. ”Seluruh warga Kampung Brintik mulai saat ini harus memberikan pelayanan dan sambutan ramah pada wisatawan, menciptakan ide kreatif untuk menghidupkan wilayah seperti ide gembok cinta, dan menciptakan kreasi ekonomi seperti suvenir atau handycraft, kaus, dan gantungan kunci,” ucapnya.

Dia optimistis dengan semangat dan dukungan bersama seluruh elemen masyarakat Kota Semarang, program ini akan terus berkelanjutan. Diharapkan, nantinya juga berdampak meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. ”Harapannya, keberhasilan penataan Kampung Pelangi ini dapat benar-benar menjadikan pelangi bagi masyarakat Kampung Brintik. Warganya ceria, happy, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pun semakin baik,” ucap Hendi. (fri, K18-57)

Comments

comments

Media Asing Ekspose Kampung Pelangi Reviewed by on . SEMARANG - Kampung Pelangi, Kelurahan Randusari mulai dilirik dunia, setelah beberapa pekan ini menjadi viral di media sosial. Setidaknya enam situs informasi a SEMARANG - Kampung Pelangi, Kelurahan Randusari mulai dilirik dunia, setelah beberapa pekan ini menjadi viral di media sosial. Setidaknya enam situs informasi a Rating: 0
scroll to top