Mahasiswa Demo di Kantor Bupati | suaramerdeka.com

Minggu , 28 Mei 2017

Home » SmCetak » Mahasiswa Demo di Kantor Bupati

Mahasiswa Demo di Kantor Bupati

20 Mei 2017 0:11 WIB Category: SmCetak, Suara Pantura A+ / A-
SM/ Bayu Setiawan  PENDEMO BERORASI : Para pendemo berorasi di halaman depan Kantor Bupati Brebes, dalam aksinya memperingati Hari Kebangkitan Nasional, kemarin.(15)

SM/ Bayu Setiawan
PENDEMO BERORASI : Para pendemo berorasi di halaman depan Kantor Bupati Brebes, dalam aksinya memperingati Hari Kebangkitan Nasional, kemarin.(15)

BREBES – Menyambut Hari Kebangkitan Nasional, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) menggelar unjuk rasa di halaman depan Kantor Bupati Brebes, Jalan P Diponegoro, Jumat (19/5), sekitar pukul 15.00.

Dalam aksinya itu, mahasiswa menyoroti kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kala (JK). Aksi mahasiswa itu diawali dari Alun-alun Kota Brebes. Kemudian bergerak dengan berjalan kaki menyusuri Jalur Pantura Kota Brebes menuju Kantor Bupati. Di tempat itu, para pendemo langsung berorasi sambil membentangkan spanduk besar bertuliskan ”Wanacita Omong Kosong, Jabut Mandat Jokowi”.

Aksi yang mendapat pengamanan ketat dari jajaran Polres Brebes itu membuat Jalur Pantura Kota Brebes tersendat, karena pendemo berorasi dengan memakan badan jalan. Di Kantor Bupati, mereka berencana menemui Bupati Brebes atau pejabat yang mewakili. Namun kehadiran para pendemo itu di luar jam kerja, sehingga tidak ada satu pun pejabat yang bisa ditemui.

Bahkan, pintu utama Kantor Bupati Brebes kondisinya juga sudah terkunci. Koordinator Aksi Demo Mahasiswa KPMDB Yoki mengatakan, demo itu merupakan aksi solidaritas dari mahasiswa dalam memyambut Hari Kebangkitan Nasional. Khususnya, dalam menyikapi ketidakpuasan rakyat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

15 Tuntutan

Di mana, kondisi kekaucauan negara terus berlanjut, krisis kepemimpinan dan ketidakpastian kebijakan yang menjadikan penderitaan rakyat sebagai tumbal. ”Ada 15 tuntutan yang kami sampaikan dalam aksi ini sebagai bentuk manifesto reformasi,” ucapnya dalam press realese yang dibagikan kepada masyarakat saat aksi demo. Tuntutan itu, dia menambahkan, di antaranya tolak politik oligarki dan kartel kekuasaan dan segala bentuk persekongkolan politik yang merusak demokrasi Indonesia.

Tolak ekonomi kapitalis yang hanya fokus pada pertumbuhan tanpa mewujudkan pemerataan dan keadilan ekonomi. Lawan praktik penegakkan hukum yang tebang pilih dan usut tuntas kejahatan korporasi serta perorangan yang merugikan kepentingan ekonomi nasional. ”Kami menolak segala bentuk hegemoni budaya yang merusak kepribadian bangsa dan nilai nilai Pancasila,” tandasnya.

Usai aksi di Kantor Bupati Brebes, para pendemo bergerak ke Gedung DPRD Brebes yang berjarak sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki. Puluhan polisi yang dipimpin Waka Polres Brebes Kompol Mashudi ikut mengawal dan mengamankan aksi para mahasiswa tersebut.( H38-15)

Comments

comments

Mahasiswa Demo di Kantor Bupati Reviewed by on . [caption id="attachment_601666" align="alignleft" width="300"] SM/ Bayu SetiawanPENDEMO BERORASI : Para pendemo berorasi di halaman depan Kantor Bupati Brebes, [caption id="attachment_601666" align="alignleft" width="300"] SM/ Bayu SetiawanPENDEMO BERORASI : Para pendemo berorasi di halaman depan Kantor Bupati Brebes, Rating: 0
scroll to top