Literasi Mahasiswa Dikuatkan oleh Ahli dan Praktisi | suaramerdeka.com

Minggu , 25 Juni 2017

Home » SmCetak » Semarang Metro » Literasi Mahasiswa Dikuatkan oleh Ahli dan Praktisi

Literasi Mahasiswa Dikuatkan oleh Ahli dan Praktisi

Prodi Ekonomi Syariah FEB Udinus

20 Juni 2017 0:30 WIB Category: Semarang Metro, SmCetak A+ / A-

SEMARANG- Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) aktif mendatangkan praktisi dan ahli ekonomi syariah melalui kuliah umum. Hal ini dimaksudkan guna memperdalam literasi para mahasiswa khususnya tentang studi ekonomi syariah yang kini semakin berkembang.

Menurut Kaprodi Ekonomi Syariah Dr Sih Darmi Astuti, dengan mendatangkan para praktisi dan ahli ini mahasiswa dapat mendapat pencerahan dari sisi lain dan tidak hanya dari akademisi di kampus saja. Dalam beberapa waktu terakhir sudah ada dua pembicara yang diundang yakni pengajar ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Dr Abdul Ghofur MAg dan Kepala Cabang Pembantu (KCP) BRI Syariah Purwodadi Arif Irawan Widiyanto. ”Perkembangan ekonomi syariah berubah setiap waktu dan para mahasiswa mesti mengetahui apa yang terjadi di luar sehingga ketika nanti lulus dan bersiap menjadi praktisi sudah memiliki gambaran,” jelas Sih, kemarin.

Menurutnya dengan berbagi pengalaman dan memperoleh ilmu langsung dari para praktisi mahasiswa memperoleh ilmu langsung yang berangkat dari pengalaman nyata para praktisi usaha dalam menggeluti ekonomi syariah. Sementara dari pakar ekonomi syariah kampus UIN Walisongo juga diharapkan mendapat referensi baru.

Sangat Berguna

”Ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk mendalami segala seluk-beluk persoalan ekonomi syariah.” Selain itu, lanjut dia, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritik, melainkan juga panduan pengalaman terkait dunia luar. Sih mengakui dalam beberapa kali kehiatan antusiasme mahasiswa sangat tinggi. ”Bahkan, waktunya terkadang tidak cukup karena banyaknya pertanyaan yang diajukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sejak awal telah berkomitmen untuk menghidupkan semangat mahasiswanya untuk mendalami ekonomi syariah yang terhitung masih jarang dipelajari di kampus-kampus. Bahkan, Udinus merupakan satu-satunya yang sudah membuka program studi ekonomi syariah di Semarang.

Pengajar ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Dr Abdul Ghofur MAg mengungkapkan sistem ekonomi Islam bersifat universal dan dapat digunakan oleh siapapun tidak terbatas pada umat Islam saja.

Bahkan dalam bidang apapun, serta tidak dibatasi oleh zaman sehingga bisa diterapkan dalam kondisi apapun asalkan tetap berpegang pada kerangka kerja atau acuan norma-norma Islami. ”Sistem perekonomian akan tumbuh dan berkembang dengan baik bila didasari oleh nilai-nilai dan prinsip syariíah Islam. Terutama dalam jika diterapkan pada segenap aspek kehidupan bisnis dan transaksi umat,” ungkap sekretaris program doktoral S3 UIN Walisongo tersebut. (G2-63)

Comments

comments

Literasi Mahasiswa Dikuatkan oleh Ahli dan Praktisi Reviewed by on . SEMARANG- Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) aktif mendatangkan praktisi dan ahli ekonomi SEMARANG- Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) aktif mendatangkan praktisi dan ahli ekonomi Rating: 0
scroll to top