Iran Tentukan Masa Depan | suaramerdeka.com

Kamis , 25 Mei 2017

Home » SmCetak » Internasional » Iran Tentukan Masa Depan

Iran Tentukan Masa Depan

20 Mei 2017 0:04 WIB Category: Internasional, SmCetak A+ / A-

TEHERAN – Rakyat Iran menentukan nasib negaranya untuk empat tahun ke depan dalam pemilihan presiden, Jumat (19/5) kemarin. Sekitar 50 juta pemilih disodorkan dua pilihan yakni petahana yang pragmatis, Presiden Hassan Rouhani, atau oposisi garis keras, Ebrahim Raisi.

Sekitar 300 ribu personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan proses pemungutan suara yang mulai dibuka sekitar 03.30 GMT (10.30 WIB) dan ditutup pada 13.30 GMT (20.30 WIB), meski pihak berwenang sering memperpanjang waktu hingga malam hari. Menjelang pemilu, ketegangan politik di Iran kian terasa. Sebab warga mesti memilih antara dua kandidat yang cukup bertolak belakang dan akan menentukan laju reformasi ekonomi, sosial, dan keterlibatan Teheran dengan dunia.

Rouhani (68) dikenal sebagai politikus moderat yang reformis dan pragmatis. Di tangan eks sekretaris dewan keamanan nasional tertinggi itu, Iran berhasil menyepakati kesepakatan nuklir dengan dunia Barat yang akhirnya meringankan sanksi internasional terhadap Teheran. Rouhani berupaya menggambarkan pemilu kali ini sebagai pilihan antara kebebasan sipil atau ekstremisme yang lebih pelik.

Dia berusaha mengeluarkan Iran dari isolasi internasional dengan bersikap cukup kooperatif dengan negara Barat. Meski begitu, Rouhani menghadapi persaingan yang lebih ketat menyusul catatan oposisi soal minimnya prestasi diplomatik dan ekonomi, terutama dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Rouhani Diprediksi Unggul

Di sisi lain, Raisi (56) politikus konservatif, adalah pemimpin Astan Quds Razavi, badan amal terkaya di dunia Muslim. Sepanjang tahun ini, Raisi disebutsebut sebagai pelopor penerus Pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Hosseini Kha menei. Pemilu presiden dianggap sebagai pembuka jalan bagi Raisi. Sejumlah pengamat mengatakan, dia telah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin tertinggi iran selanjutnya.

Kantor berita Reuters melaporkan, jajak pendapat Badan Mahasiswa Iran pada 8 Mei lalu memaparkan elektabilitas Rouhani masih unggul dengan angka 42 persen, mengalahkan Raisi yang diperkirakan hanya mendapat 27 persen.

Sementara itu, survei yang diambil oleh International Perspective for Public Opinionpada 10 Mei lalu pun masih menunjukan Rouhani masih memimpin persaingan dengan raihan 55 persen suara, meski lagi-lagi jajak pendapat itu tidak memiliki rekam jejak yang mapan memprediksi hasil pemilu Iran.

Jika hasil pemilu ini tidak mencapai 50 persen suara, dua kandidat teratas akan bersaing dalam putaran kedua pada 26 mei mendatang.(cnn,rtr,afp-niek-23)

Comments

comments

Iran Tentukan Masa Depan Reviewed by on . TEHERAN - Rakyat Iran menentukan nasib negaranya untuk empat tahun ke depan dalam pemilihan presiden, Jumat (19/5) kemarin. Sekitar 50 juta pemilih disodorkan d TEHERAN - Rakyat Iran menentukan nasib negaranya untuk empat tahun ke depan dalam pemilihan presiden, Jumat (19/5) kemarin. Sekitar 50 juta pemilih disodorkan d Rating: 0
scroll to top