Harga Bawang Ungguli Harga Cabai | suaramerdeka.com

Minggu , 30 April 2017

Home » SmCetak » Harga Bawang Ungguli Harga Cabai

Harga Bawang Ungguli Harga Cabai

22 April 2017 0:01 WIB Category: SmCetak, Solo Metro A+ / A-

KLATEN- Setelah didera harga cabai rawit yang melambung tinggi beberapa bulan terakhir, masyarakat kini diresahkan naiknya harga bawang putih. Harga bawang putih di pasaran mencapai Rp 50.000/kg. Poniyem, pemilk warung makan warga Kampung Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah mengatakan harga bawang sudah beberapa hari ini mengungguli harga cabai.

‘’Awal bulan lalu hanya Rp 35.000/kg, hari ini saya beli Rp 50.000/kg,’’katanya, Jumat (21/4). Dikatakan, naiknya harga bawang putih itu membuat pemilik warung seperti dirinya kerepotan. Bawang putih merupakan bumbu dapur pokok yang tidak bisa tidak harus ada di masakan.

Dalam sepekan warungnya biasa membutuhkan 10 kilogram bawang putih. Dengan naiknya harga yang terus terjadi, mau tidak mau membuat modal semakin banyak untuk belanja. Padahal pedagang baru saja direpotkan dengan harga cabai yang sempat menyentuh angka Rp 150.000/kg. Kini saat harga cabai berangsur turun, malah harga bawang merangkak naik.

Harga cabai rawit merah mutu bagus hanya Rp 45.000/kg. Untuk mutu sedang hanya Rp 40.000/kg. Adapun harga cabai rawit hijau dan putih hanya pada kisaran Rp 28.000/kg. Cabai merah keriting lebih murah lagi sebab hanya Rp 15.000/kg dan cabai merah besar Rp 21.000/kg.

Curah Hujan

Para pedagang besar bumbu di pasar, saat ditanya, kata Poniyem, beralasan karena curah hujan masih tinggi sehingga bawang risiko busuk. Padahal hujan bukan baru saja terjadi tetapi sudah hampir setahun tidak ada kemarau. Dwi, pedagang bumbon di Pasar Delanggu mengatakan alasan hujan tidak masuk akal.

‘’ Beda dengan cabai, kalau kemarin mahal maklum sebab banyak busuk,’’ katanya. Namun untuk bawang putih, kenaikan baru terjadi beberapa pekan ini, sedangkan hujan deras sudah terjadi selama berbulan-bulan. Dia menduga, naiknya harga bawang lebih disebabkan permainan menjelang Ramadan dan Lebaran.

Buktinya, saat harga bawang putih terus naik, harga bawang merah cenderung stabil di harga Rp 35.000/kg. Padahal dua jenis bawang itu harganya bisa sama-sama dipengaruhi curah hujan. Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Klaten, Cahyo Dwi Setyanto mengatakan, tim terus memantau perkembangan harga bahan pokok di lapangan menjelang Ramadan.

Dikatakan, harga bawang putih yang mencapai Rp 50.000/kg dipengaruhi faktor cuaca. ‘’ Pasokan terbatas tidak seimbang dengan permintaan,’’ katanya. Dijelaskan, permintaan naik sebab saat ini memasuki musim hajatan dan diperparah dengan mata rantai yang panjang sehingga biaya harus ditanggung konsumen. (H34-54)

Comments

comments

Harga Bawang Ungguli Harga Cabai Reviewed by on . KLATEN- Setelah didera harga cabai rawit yang melambung tinggi beberapa bulan terakhir, masyarakat kini diresahkan naiknya harga bawang putih. Harga bawang puti KLATEN- Setelah didera harga cabai rawit yang melambung tinggi beberapa bulan terakhir, masyarakat kini diresahkan naiknya harga bawang putih. Harga bawang puti Rating: 0
scroll to top